Daerah

Gempa M5.7 Berpusat di Banten, Guncangan Hingga Jakarta

Oleh : very - Senin, 26/02/2024 11:27 WIB

Gempa berpusat di Banten. (Foto: Humas BNPB)

Jakarta, INDONEWS.ID – Gempabumi berkekuatan Magnitudo 5.7 yang berpusat di laut dengan lokasi 85 km Barat Daya Bayah-Banten dengan kedalaman 10 km, terjadi pada Minggu (25/2) pukul 20.07 WIB.

Meskipun titik episentrum berada di laut, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan tidak berpotensi tsunami.

Merujuk laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pukul 20.27 WIB, beberapa laporan awal mengenai dampak gempa tersebut sudah tercatat.

“Antara lain terjadi di Jakarta, guncangan gempa dirasakan lemah di wilayah Jakarta dengan durasi 5 detik,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, seperti dikutip dari siaran pers di Jakarta, Senin (26/2).

Gempa cukup kuat dirasakan sekitar 7 detik di Kabupaten Lebak, masyarakat keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak langsung menuju lokasi untuk monitoring terkait dampak yang ditimbulkan.

Kemudian BPBD Kabupaten Sukabumi melaporkan, gempa dirasakan cukup kuat sekitar 5 detik, masyarakat menyelamatkan diri keluar rumah dan tim BPBD melakukan monitoring ke lokasi terdampak.

Selanjutnya sejumlah masyarakat di Kabupaten Serang keluar rumah menyelamatkan diri dan bergerak ke tempat lebih aman pasca guncangan gempa dirasakan selama 5 detik. BPBD setempat lakukan pemantauan ke lokasi terdampak.

BNPB mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan mematuhi informasi yang diberikan oleh petugas dari lembaga yang berwenang di wilayahnya masing-masing. ***

Artikel Terkait