Olah Raga

Al-Azhar Bakal Gelar Kejuaraan Pencak Silat Tingkat Pemula

Oleh : rio apricianditho - Rabu, 17/04/2024 20:58 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID -  Yayasan Al-Azhar bakal menggelar kejuaraan pencak silat tingkat pelajar, dalam rangka melestarikan seni bela diri asli Indonesia. "Kekuaraan Teladan Cup Pencak Silat Open 2024" bertujuan untuk mencapai nilai postif yang terkandung dalam seni bela diri pencak silat.

Rencananya kejuaraan tersebut digelar pertengahan Mei 2024 di Sport Center Kelapa Dua, Tangerang, Banten. Untuk itu pihak panitia kejuaraan mengundang seluruh sekolah maupun padepokan pencak silat guna mengikuti kejuaraan tersebut.

Nantinya kejuaraan dibagi dalam beberapa tingkatan, mulai dari SD hingga SMA untuk putera-puteri. Peserta Kejuaraan adalah pesilat pemula yang berasal dari Perguruan Pencak Silat, Sekolah (SD Usia Dini 1, SD Usia Dini 2, SMP Pra-Remaja, Remaja/SMA/SMK) dan bukan Atlet/Pesilat dalam Pembinaan Pemusatan Latihan Kota, Provinsi dan Atlet Pelatnas maupun Pelatda.

Digelarnya kejuaraan Pencak Silat tingkat pemula diharapkan Pencak Silat dipertandingkan pada multi event Asian Games dan Olympic Games. Seni bela diri Pencak Silat yang merupakan olahraga asli Indonesia, dan telah dipertandingkan pada single event dan multi event (PON dan SEA Games).

Karena itu, menurut penyelenggara, generasi muda merupakan bagian potensial di bidang pembangunan olahraga, maka sebagai insan Pencak Silat bermaksud menyelenggarakan kegiatan “Kejuaraan Teladan Cup Pencak Silat Open 2024”. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pembinaan prestasi yang melibatkan berbagai aspek terkait, maka perlu dipersiapkan secara matang dan terencana.

Dengan ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan menanamkan pada pelajar bahwa Pencak Silat adalah salah satu seni bela diri budaya bangsa yang wajib kita pelihara dan kita lestarikan, serta yang paling penting adalah bahwa setiap kemampuan yang kita miliki dan kita olah akan menjadi sebuah prestasi.

Artikel Terkait