Nasional

Raih Juara Dua "SPM Awards 2024", Pj Bupati Karanganyar: Tujuan Kami Bukan Penghargaan, Ini Hanya Bonus

Oleh : very - Jum'at, 26/04/2024 10:45 WIB

Penjabat (Pj.) Bupati Karangnyar Timotius Suryadi, S.Sos., Msi., (Foto: Indonews.id)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pembangunan Daerah (Bangda) menggelar “Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards 2024” di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (24/4/2024).

Adapun penerima SPM Awards 2024 ini terbagi dalam tiga kategori yaitu kategori Provinsi Terbaik yang diraih oleh Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Timur, dan Provinsi Kalimantan Timur.

Selanjutnya kategori Kabupaten Terbaik diraih Kabupaten Bogor, Kabupaten Karanganyar, dan Kabupaten Bangka Barat. Dan terakhir, kategori Kota Terbaik yang masing-masing diraih oleh Kota Makassar, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Tangerang.

Menanggapi pemberian SPM Awads tersebut, Penjabat (Pj.) Bupati Karanganyar Timotius Suryadi, S.Sos., Msi., mengatakan bahwa penghargaan merupakan apresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh Pemda Karanganyar selama ini.

“Ini adalah apresiasi atas apa yang kita lakukan. Tujuan kita bukan untuk mendapatkan penghargaan. Tujuan kita adalah melayani masyarakat dengan baik. Penghargaan ini adalah bonus terhadap apa yang dikerjakan oleh teman-teman,” ujarnya kepada INDONEWS.ID, usai menerima penghargaan.

Dia berharap, SPM Award 2024 yang diterima bisa memberi semangat kepada jajaran Pemerintah Daerah Karanganyar untuk terus memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan penghargaan ini menyemangati dan membangkitkan kita untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terutama pelayanan dasar,” ujarnya.

(Pj. Bupati Karanganyar (kedua dari kiri) bersama para pejabat Pemda Karanganyar dalam acara “Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards 2024” di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (24/4/2024).

Ditanya terkait pelayanan apa saja yang diberikan kepada masyarakat selama ini, Timotius  mengatakan, pemerintah daerah memberi pelayanan di sektor pendidikan, kesehatan, sosial, ketenteraman dan ketertiban umum, perlindungan masyarakat dan kesiapsiagaan kebencanaan. Hal tersebut, katanya, adalah prioritas dalam kegiatan Pemda yang dibiayai APBD.

Pada 2024 ini, Pemda Karanganyar turun satu tingkat, yaitu meraih juara 2 dari sebelumnya mendapatkan juara pertama sebagai juara SPM. Namun, Timotius tidak berkecil hati. Pemda Karanganyar, katanya, terus bergerak melakukan pengembangan layanan masyarakat.

“Tentu kita terus bergerak, dan juga kabupaten lain juga bergerak. Karena itu, kita akan terus melakukan pengembangan terhadap pelayanan masyarakat. Namun, sekali lagi, yang kami lakukan bukan sekadar untuk mendapatkan penghargaan. Tujuan kami adalah memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat. Penghargaan sekadar bonus, sehingga kita berharap apa yang kita lakukan itu ada dampaknya,” pungkasnya.

Ini dia penerima SPM Awards 2024:

Kategori Provinsi Terbaik yakni: Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Timur, dan Provinsi Kalimantan Timur.

Kategori Kabupaten Terbaik yakni: Kabupaten Bogor, Kabupaten Karanganyar, dan Kabupaten Bangka Barat.

Kategori Kota Terbaik yakni: Kota Makassar, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Tangerang. ***

Artikel Terkait