Nasional

Gelar HUT ke-19, PaSKI Punya Tanggung Jawab Lahirkan Pelawak-pelawak Baru

Oleh : very - Senin, 06/05/2024 10:12 WIB

Persatuan Seniman Komedi Indonesia (PaSKI) menggelar acara perayaan HUT Ke-19 dan Halal Bihalal, di Tavia Heritage Hotel, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Minggu (5/5). (Foto: Ist)

Jakarta,  INDONEWS.ID - Persatuan Seniman Komedi Indonesia (PaSKI) menggelar acara perayaan HUT Ke-19 dan Halal Bihalal, di Tavia Heritage Hotel, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Minggu (5/5).

Serangkaian acara bernuansa komedi yang dipandu Trio Mc, Cablak, Kimau Gerbang dan Radha yang menampilkan pertunjukkan grup lawak, musik komedi, tari komedi serta penampilan spesial Komedi Band.

Organisasi profesi pelawak yang didirikan  21 April 2005 ini dibidani kelahirannya oleh pelawak senior Deddy “Miing” Gumelar, Indro Warkop dan Toto Muryadi Tarzan, 19 tahun yang lalu di Kantor Bagito.

Dalam momen Halal Bihalal ini, Pengurus Pusat PaSKI menggelar perayaan hari jadinya sebagai ajang temu kangen dan silaturahmi antar komedian.

Perayaan HUT PaSKI  ini diawali menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya,  dan dibuka dengan penampilan Video Profil PaSKI. Dilanjutkan dengan musik komedi Cablak Gambang dan Tari komedi Lipet Gandes persembahan Sabar Bokir dkk.

Setelah Penampilan Lipet Gandes, acara dilanjutkan dengan sambutan resmi dari Ketua Umum dan Pembina PaSKI, serta Pembacaan Doa dan Pemotongan Tumpeng.

Acara ini juga diramaikan dengan penampilan Gurp Komedi 4 Sekawan, Musik Komedi dan Lawak Mudy Taylor-Tatok Koplak-Isa Marshanda, serta  Pengundian Doorprize dan ditutup dengan Penampilan spesial Komedi Band.

Di sela suasana riang HUT, PaSKI sebagai induk Organisai Pelawak Indonesia melakukan pembacaan doa dan mengenang kiprah para pelawak yang sudah wafat. Selanjutnya mereka menarasikan kegelisahan PaSKI yang diwakili oleh Kang Maman, atas kondisi Grup Lawak yang kian punah dan melambat regenerasinya.

Jarwo Kwat selaku Ketua Umum PaSKI membenarkan kegelisahan PaSKI itu. Karena itu, PaSKI harus turut memikul tanggung atas fenomena ini.

“PaSKI merasa punya tanggung jawab untuk melahirkan pelawak-pelawak dan atau grup-grup lawak baru. Dan, Kita sudah ada beberapa program PaSKI untuk menjawab tantangan ini,” ujarnya.

Acara yang digelar setiap tahun ini dihadiri pelawak-pelawak papan atas yang selama ini mendukung PaSKI, seperti Jarwo Kwat, Indro Warkop, Deddy “Miing” Gumelar, Tarzan Srimulat, Eko Patrio, Parto, Sule, Abdel Achrian, Temon Templar, Denny Chandra, Denny Cagur, Nardji, Beddu dan ratusan anggota PaSKI dari berbagai daerah.

Ketua Pelaksana HUT PaSKI Ke-19, M. Nabil Ibenk menjelaskan acara PaSKI ini diselenggarakan dari PaSKI untuk PaSKI. Acara HUT PaSKI tahun ini sengaja dibarengi Acara Halal Bihalal untuk mempererat tali silaturahmi antar anggota .

Jarwo Kuat menambahkan bahwa acara PaSKi ini digelar sebagai ajang komunikasi antara Pengurus PaSKI dengan para Pembina, Penasihat PaSKI beserta seluruh anggota PaSKI.

Hingga saat ini PaSKI sebagai organisasi tetap solid dan independen sesuai arahan Pembina PaSKI yaitu Agum Gumelar, Erman Suparno, Indro Warkop, Deddy “Miing” Gumelar dan TM Tarzan.

Dalam perjalanannya, PaSKI selain mendapat arahan dari Pembina PaSKI. Juga mendapat banyak nasihat dan arahan dari para penasihat PaSKI yaitu Rachmat Gobel, Eko Hendro Purnomo, Profesor Dailami Firdaus, H. Agi Sugiyanto, Dedet R Broer. ***

Artikel Terkait