Nasional

PIS Dukung Pemerintah Indonesia Wujudkan Kemerdekaan Palestina

Oleh : very - Selasa, 14/05/2024 16:49 WIB

Kemerdekaan Palestina. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Ketua Pergerakan Indonesia untuk Indonesia (PIS), Ade Armando mengatakan, pihaknya mendukung sepenuhnya pemerintah Indonesia memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

“Kami juga mengajak seluruh warga Indonesia, mendukung upaya Indonesia mewujudkan dua negara berdaulat bagi Palestina dan Israel,” ujarnya dalam pernyataan pers di Jakarta, Selasa (14/5).

Ade mengatakan, seperti termaktub dalam Undang-undang Dasar 1945, kemerdekaan adalah hak seluruh bangsa di dunia, termasuk Palestina. Karena itu bagi PIS, kemerdekaan Palestina adalah hak mutlak yang harus diberikan kepada mereka.

“Kami juga mengapresiasi upaya Indonesia yang telah berhasil mendorong resolusi PBB agar Palestina menjadi anggota tetap PBB. Indonesia menjadi satu dari 134 negara yang mendukung resolusi tersebut,” bebernya.

Seperti diketahui, hingga kini, hanya ada 9 negara yang menolak kemerdekaan Palestina yaitu Amerika Serikat, Israel, Ceko, Hongaria, Micronesia, Nauru, Palau, dan Papua New Guinea.

Dengan resolusi itu, walaupun Palestina belum menjadi anggota resmi, mereka berhak untuk duduk di sidang-sidang PBB, serta memberi usulan dan amandemen. Seiring dengan semakin menguatnya dukungan kepada Palestina, baik dari negara maupun dari masyarakat sipil, mudah-mudahan dalam waktu dekat Palestina akan merdeka dan menjadi anggota penuh PBB.

Ade mengatakan, PIS juga mengecam serangan brutal Israel kepada Palestina dalam beberapa bulan belakangan ini. Sedikitnya sudah 35 ribu lebih warga Palestina terbunuh akibat serangan itu. Sebagian besar korbannya adalah anak-anak dan perempuan.

“Kami berpendapat, perang Israel dan Palestina bukanlah perang agama. Tapi adalah upaya Israel untuk memperluas wilayah mereka. Alasan bahwa untuk mengejar Hamas, adalah alasan yang mengada-ngada,” ujarnya.

“Sudah saatnya dunia bersatu mengecam tindakan Israel, juga memberikan dukungan atas kemerdekaan Palestina. Mari terus kita suarakan kemerdekaan Palestina!,” tegasnya. ***

Artikel Terkait