Gaya Hidup

Mushala Al Asr Sembelih 20 Hewan Kurban, Ada dari PTPN

Oleh : rio apricianditho - Senin, 17/06/2024 11:31 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Mushala Al Asr sembelih 20 hewan kurban, 14 kambing dan 6 sapi. Kurban tersebut diterima mushala dari masyarakat sekitar maupun perusahaan nasional, salah satu diantaranya dari PTPN VI.

Usai melaksanakan sholat Idul Adha di halaman mushala, pimpinan dari jama"ah segera melaksanakan pemotongan hewan kurban. Uniknya di mushala ini hewan yang disembelih tanpa diumumkan pemilik hewan yang dikurbankan, umumnya pihak penyelenggara menyebutkan pemilik hewan lewat pengeras suara.

Satu demi satu hewan kurban disembelih tak satupun hewan kurban yang tersisa, hanya dalam hitungan jam 20 hewan kurban yang diterima mushala di jalan Batu Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, potongan dagingnya tinggal dibagikan ke pihak layak menerima hewan kurban.

Bahu membahu antara masyarakat dan jama'ah mushala, baik laki-laki dan perempuan saling kerjasama. Yang pria menyembelih dan memotong bagian per bagian hewan yang disembelih, sementara para perempuan memasukan potongan daging ke kantong olastik yang siap dibagikan.

Sementara saat sholat Ied di Masjid Rainul Hamim, Mampang Pratapan, pengkotbah mengatakan, kita harus bersyukur karena sudah diberikan nikmat di kehidupan ini. Rasa syukur itu bisa diwujudkan dengan berkurban dan menghormati perbedaan.

"Kita ini dilahirkan berbeda suku dan bangsa agar kita saling menghormati. Hal itu sudah diperintahkan Allah, menghormati yang berbeda dengan kita", ujarnya usai imam mesjid memimpin sholat Idul Adha.

Dikatakan, tak semua orang mampu berkurban tapi semua orang bisa saling menghormati perbedaan. Menghargai perbedaan bagian dari pengurbanan kita, meski tahun ini kita belum mampu berkurban, paling tidak kita menghormati perbedaan.

Sementara itu, mushala Asr mulai membagikan potongan hewan kurban yang telah dimasukan dalam kantung plastik. Satu persatu kantong dibagikan ke masyarakat yang datang ke mushala tersebut.

Semoga Idul Adha 1445 H membawa kebahagian semua orang, baik yang berkurban atau yang menerima kurban. Idul Adha  momentum kita saling berbagi dan menghormati perbedaan, semoga kita semua dalam lindunganNya.

Artikel Terkait