Daerah

PLBN Skouw Fasilitasi Program Praktik Magang untuk Mahasiswa Uncen

Oleh : very - Sabtu, 06/07/2024 15:29 WIB

Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua memfasilitasi program praktik magang untuk Mahasiswa Universitas Cenderawasih (Uncen) (Foto: Humas BNPP)

 

JAYAPURA, PAPUA, INDONEWS.ID - Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua memfasilitasi program praktik magang untuk Mahasiswa Universitas Cenderawasih (Uncen), sebagai bentuk kerja sama antar PLBN dengan Lembaga Pendidikan.

Kehadiran 4 mahasiswa dari Program Studi Hubungan Internasional (Prodi HI) Uncen tersebut didampingi oleh Ary Aditya selaku dosen pembimbing dari Mahasiswa Uncen, yang akan melaksanakan kegiatan praktik magang selama 1 bulan terhitung tanggal 1 Juli hingga 8 Agustus 2024 di PLBN Skouw.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala PLBN Skouw Mathilda Pusung yang menyambut kehadiran Mahasiswa Uncen, mengungkapkan rasa terima kasih serta apresiasi. Pasalnya, mereka telah memilih PLBN Skouw sebagai tempat untuk dilaksanakannya program praktik magang tersebut.

"Kedatangan mahasiswa diawali dengan perkenalan serta arahan terkait aturan dan ketentuan selama pelaksanaan magang, juga dijelaskan secara singkat mengenai profil PLBN Skouw terkait pengelolaan PLBN sesuai dengan Perka BNPP No. 7 Tahun 2017," kata Mathilda, Senin (1/7/2024).

Mathilda juga menyampaikan, bahwa kegiatan praktik magang merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa dalam menyelesaikan pendidikannya di Perguruan Tinggi. Maka, selain pendidikan formal melalui perkuliahan, mahasiswa juga memperoleh landasan keilmuan melalui partisipasi di dalam dunia kerja melalui praktik magang.

"Nantinya para Mahasiswa Prodi HI Universitas Cenderawasih ini dapat belajar memahami, serta membantu dalam menyelesaikan berbagai tugas yang ada di PLBN Skouw. Seperti tugas dalam meningkatkan kualitas pelayanan di PLBN serta meningkatkan citra PLBN Skouw di mata publik," ujarnya seperti dikutip dari siaran pers Humas BNPP di Jakarta, Sabtu (6/7).

Ia juga menegaskan, bahwa kegiatan praktik magang oleh Mahasiswa Uncen di PLBN Skouw ini bukanlah kegiatan yang pertama kalinya, melainkan pada tahun-tahun sebelumnya PLBN Skouw selalu menjadi wadah bagi para Mahasiswa Uncen untuk melaksanakan program praktik magangnya.

PLBN Skouw yang berkoordinasi dengan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) memandang, bahwa program kegiatan praktik magang oleh Mahasiswa Uncen ini merupakan program yang penting untuk dimanfaatkan dan dikelola dengan baik guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di Papua. *

Artikel Terkait