Daerah

Ribuan Rumah Terendam Banjir di Kabupaten Cirebon

Oleh : very - Minggu, 07/07/2024 20:46 WIB

Kondisi banjir di kab Cirebon, Sabtu (6/7). Sumber foto: BPBD Kab Cirebon

Jakarta, INDONEWS.ID - Bencana banjir melanda Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat, Sabtu (6/7). Banjir meninggalkan jejak kerusakan dan dampak yang signifikan bagi ribuan warga.

Dipicu curah hujan tinggi yang berlangsung dalam waktu yang cukup lama, banjir ini telah mengakibatkan meluapnya sungai-sungai utama seperti Wangan Ayam, Pembuang Posong, Winong, Jonggol, dan Sriganala.

Hasil pendataan BPBD Kabupaten Cirebon sebanyak 16.310 jiwa atau 5.443 kepala keluarga terdampak banjir. Sebanyak 4.269 rumah tergenang air dengan tinggi mencapai 30 hingga 40 cm, dan sawah seluas 15 hektar juga turut terendam.

Berdasarkan informasi BMKG diprediksi hujan lebat masih berpotensi terjadi hingga beberapa waktu ke depan. Pihak BPBD Kabupaten Cirebon telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan assessment dan memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak.

Hingga saat ini, upaya penanganan masih terus dilakukan oleh tim gabungan dari BPBD, TNI, dan POLRI. Evakuasi warga terdampak  dan pendistribusian logistik makanan siap saji menjadi prioritas untuk memenuhi kebutuhan mendesak masyarakat terdampak.

Kondisi saat ini banjir belum sepenuhnya surut, sehingga masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan mematuhi petunjuk dari BPBD dan pihak terkait. BNPB mengimbau Warga yang tinggal di sekitar sungai-sungai yang rawan banjir untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih aman. *

Artikel Terkait