INDONEWS.ID

  • Kamis, 07/06/2018 12:39 WIB
  • Charta Politika: Jokowi Kuasai Jawa Kecuali Banten

  • Oleh :
    • very
Charta Politika: Jokowi Kuasai Jawa Kecuali Banten
Joko Widodo bersalaman dengan Prabowo Subianto. (Foto: Ant)

Jakarta, INDONEWS.ID - Joko Widodo diperkirakan akan menguasai perolehan suara di Pemilihan Presiden 2019 di Pulau Jawa, kecuali di Banten. Wilayah paling barat Jawa ini diperkirakan akan dimenangkan oleh Prabowo Subianto.

Demikian survei yang dilakukan Charta Politica yang dilakukan pada 23-29 Mei 2018 melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur. 

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (6/6) menyebutkan menyebutkan, di Jabar, Jokowi meraup suara elektabilitas sebesar 38,8 persen sementara Prabowo 30,2 persen. Sementara di Jateng, Jokowi menang telak dengan mengantongi suara 53,1 persen dan Prabowo 7,7 persen.

Kemudian di Jatim, suara Jokowi mencapai 47,7 persen dengan Prabowo sebesar 24,5 persen. Sementara di Banten elektabilitas Jokowi 26,9 persen, beda tipis dengan elektabilitas Prabowo sebesar 28,5 persen.

Yunarto menilai kekalahan Jokowi di Banten seiring dengan rendahnya kepuasan masyarakat Banten pada pemerintahan Jokowi.

Baca juga : Presiden Jokowi Minta DPR Percepat Pembahasan RUU PPRT

Adapun hasil evaluasi masyarakat Banten terhadap kinerja pemerintah pusat di bawah kepemimpinan Jokowi-JK adalah 57,4 persen.

"Kalau tingkat kepuasan publik di bawah 60 persen, biasanya incumbent bisa dikatakan tidak punya peluang kuat untuk menang kembali. Di Banten, sisi kepuasan publiknya hanya 57,4 persen. Belum lagi faktor emosional seperti agama atau manajemen isu," kata Yunarto.

Pada pilihan secara head to head, elektabilitas Jokowi unggul di atas Prabowo. Hanya di Banten Jokowi kalah oleh Prabowo.

Adapun hasilnya yakni di Banten, Jokowi meraih 36,9 persen dan Prabowo 44,1 perden. Di Jabar, Jokowi meraih 46,1 persen dan Prabowo 40,5 persen. Di Jateng, Jokowi meraih 67,3 persen dan Prabowo 11,2 persen. Kemudian, di Jatim, Jokowi meraih 53,4 persen dan Prabowo 33,6 persen.

Baca juga : Anak dan Mantu Jokowi Menang dalam Pilkada Solo dan Kota Medan Hasil Quick Count

Yunarto mengatakan, di Jateng adalah daerah yang tingkat konflik atau persaingannya dalam Pilpres cenderung rendah atau sudah bisa terbaca. Sebab, tingkat persaingan antara Jokowi dan Prabowo di Jateng tidak seketat di tiga wilayah lain.

"Asumsinya karena Jokowi orang Jawa, mewakili basis tradisional merah PDI Perjuangan dari tahun 1955. Pendekatan psikologis Jokowi sebagai perwakilan Jateng," kata Yunarto.

Yunarto mengatakan, Banten selalu menarik untuk dikaji secara kualitatif karena selalu berbeda dengan daerah lain dan kecenderungan isu agama agak kuat di wilayah ini.

"Kami ingin uji apakah itu berpengaruh terhadap elektabilitas capres dan partai," kata Yunarto.

Sementara Jawa adalah kunci dan basis utama pemilih secara kuantitatif. Daerah ini memiliki jumlah suara mencapai 60 persen, sementara secara kualitatif merupakan pusat pemerintahan, karena itu akan memengaruhi peta persaingan di daerah lain.

Baca juga : Presiden Harap Inovator Fintech Juga Bertidak sebagai Penggerak Literasi Keuangan Digital

Jumlah sampel di masing-masing wilayah adalah Banten 800 responden (MoE=3,46%), Jawa Barat 1200 responden (MoE=2,83%), Jawa Tengah 1200 responden (MoE=2,83%) dan Jawa Timur 1200 responden
(MoE=2,85%). Survei menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) pada tingkat kepercayaan 95 persen. (Very)

Artikel Terkait
Presiden Jokowi Minta DPR Percepat Pembahasan RUU PPRT
Anak dan Mantu Jokowi Menang dalam Pilkada Solo dan Kota Medan Hasil Quick Count
Presiden Harap Inovator Fintech Juga Bertidak sebagai Penggerak Literasi Keuangan Digital
Artikel Terkini
Pos Fohuk Satgas Yonif 742/SWY Dampingi Petani Panen Kacang Tanah di Perbatasan RI-RDTL
Rayakan HUT Indonews.id ke-8, Pemred Asri Hadi Ajak Pembaca Setia Bantu Penderita Kanker di Indonesia, Begini Caranya!
Pj Wali Kota Kediri: Yogyakarta Punya Malioboro, Kota Kediri Punya BrantasTic
Sudah Dibatalkan MK, Partai Buruh Akan Gugat Aturan Pencalonan Pilkada
Update Banjir Bandang di Agam, Korban Meninggal 19 Orang
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas