Pilkada 2020

Anak dan Mantu Jokowi Menang dalam Pilkada Solo dan Kota Medan Hasil Quick Count

Oleh : very - Kamis, 10/12/2020 10:50 WIB

Bobby Nasution (kanan) bersama istri, usai mencoblos dalam pilkada di Kota Medan. Foto: Ahmad Arfah/detikcom

Solo, INDONEWS.ID -- Calon Wali Kota Surakarta (Solo) yang juga anak Presiden Joko Widodo Gibran Rakabuming Raka (Gibran) unggul jauh dalam quick count Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo.

Demikian juga menantu Presiden Joko Widodo, yang juga calon Wali Kota Medan, Bobby Nasution unggul dari lawannya dalam pilkada Wali Kota Medan.

Kemenangan keluarga Presiden Jokowi itu terlihat dari hasil quick count Charta Politika pada Rabu (9/12/2020) pukul 15.39 WIB.

Berdasarkan hitung cepat dengan suara masuk 91,5%, Gibran yang berpasangan dengan Teguh Prakosa meraih 87,21% suara. Pasangan Gibran-Teguh unggul jauh atas pasangan Bagyo Wahyono dan FX Supardjo yang hanya memperoleh 12,79%.

Dalam jumpa pers, Gibran enggan membicarakan perolehan suara berdasarkan hitung cepat. Menurut dia, yang paling penting adalah pilkada bisa berlangsung aman dan warga pun selamat.

"Itu yang prioritas. Urusan angka-angka itu urusan nanti," kata Gibran seperti dikutip CNNIndonesia.

Sementara itu, masih berdasarkan hitung cepat, Bobby yang berpasangan dengan Aulia Rahman meraih 54,29% suara. Sementara lawan Bobby-Aulia, yaitu Akhyar Nasution-Salman Alfarisi mendapat 45,71%.

Salah satu fakta menarik adalah Bobby-Aulia hanya memperoleh 73 suara di TPS 22, di Kompleks Taman Setia Budi Indah Blok VV. TPS 22 merupakan tempat Bobby, istri, dan keluarga mencoblos.

Suara Bobby kalah dari suara yang tak terpakai alias golput sebanyak 190 suara. Terdapat total 314 pemilih di TPS 22, namun hanya 124 yang menggunakan hak suaranya. Sedangkan pasangan Akhyar-Salman mendapat 49 suara.

"Sudah bisa ditebak itu (golput). Pengaruh Covid pasti ada," kata Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Fauzan. (Very)

 

Artikel Terkait