INDONEWS.ID

  • Sabtu, 07/07/2018 13:04 WIB
  • Kepala Staf Kepresidenan RI Kagumi Smart Embassy KBRI Singapura

  • Oleh :
    • hendro
Kepala Staf Kepresidenan RI Kagumi Smart Embassy KBRI Singapura
Kepala Staff Kepresidenan RI, Moeldoko didampingi Duta Besar Ngurah Swajaya mengapresiasi terobosan pemanfaatan teknologi digital #SmartEmbassy KBRI Singapura

Singapura, INDONEWS.ID - Berkunjung ke KBRI Singapura Kepala Staff Kepresidenan RI, Moeldoko mengapresiasi terobosan pemanfaatan teknologi digital #SmartEmbassy KBRI Singapura untuk perlindungan WNI dan diplomasi ekonomi. 

Smart Embassy yg juga diapresiasi Presiden RI, Joko Widodo pada pembukaan Raker Kepala Perwakilan RI di Gedung Pancasila, Februari lalu, terus dikembangkan sebagai database KBRI Singapura untuk perlindungan WNI dan diplomasi ekonomi, khususnya untuk meningkatkan kinerja perwakilan meningkatkan ekspor Indonesia melalui pengembangan market place yg diharapkan dapat lebih mudah mempertemukan eksportir dan importir potensial. 

Terkait diplomasi ekonomi, Duta Besar Ngurah Swajaya menjelaskan, khususnya peningkatan ekspor Indonesia, "Indonesia Showcase" di KBRI Singapura yang diluncurkan sejak tahun 2017 dengan menampilkan contoh produk ekspor andalan Indonesia di Gedung KBRI Singapura saat ini telah memiliki katalog digital memuat lebih dari 4 ribu perusahaan Indonesia, termasuk UMKM.

 "Katalog digital ini terus dulengkapi dengan informasi mengenai perusahaan/eksportir dengan berbagai jenis produknya yg bisa diakses oleh importir dari mancanegara," ujar Dubes Ngurah, Jumat waktu setempat.

Lebih jauh Duta Besar Ngurah mengatakan, katalog digital dan Showcase menjadi perpaduan informasi yang efektif untuk terus memperkenalkan produk ekspor potensial Indonesia yang dikembangkan sesuai arahan Presiden RI melalui Menlu RI  dan dapat dilihat melalui laman 
http://smart.indonesianembassy.sg

Sebagai tindak lanjut pengembangan, kata Duta Besar Ngurah,  saat ini juga telah dikembangkan showcase virtual atau marketplace yang dilengkapi fitur e-commerce oleh starts-up Indonesia bernama Glexindo , sebagai salah satu pengembangan #SmartEmbassy.

Hal itu dilakikan untuk mempermudah mempertemukan ekspirtir, sehingga dapat dimanfaatkan mengembangkan kontak menjadi kontrak yang nantinya dapat menyumbang peningkatan ekspor Indonesia ke berbagai negara, termasuk Singapura. 

Dubes RI Ngurah Swajaya menjelaskan kepada bahwa "Indonesia Showcase" akan terus dikembangkan mencakup promosi pariwisata dan investasi yg terintegrasi serta mudah diakses.

Jend. purn Moeldoko, menggapresiasi terobosan KBRI Singapura khususnya untuk promosi produk ekspor. 

Mantan Panglima TNI itu menyampaikan kesan, bahwa produk ekpor Indonesia akan menjadi dahsyat apabila diperkenalkan dengan menggunakan aplikasi E-Commerce, termasuk untuk produk UMKM.

Lebih lanjut Jend. Purn. Moeldoko berharap, terobosan seperti ini perlu diterapkan di seluruh Perwakilan RI, sehingga memperluas jangkauan untuk memasuki berbagai pasar produk ekspor Indonesia di manca negara.(hdr)

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Mendagri Ingatkan Pj. Gubernur Maluku Jaga Tingkat Inflasi
Mendagri Lantik Sadali Ie sebagai Pj. Gubernur Maluku
BNPP Bersama K/L Susun Bahan Masukan Renaksi Tahun 2025 Terkait Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan Laut
Raih Juara Dua "SPM Awards 2024", Pj Bupati Karanganyar: Tujuan Kami Bukan Penghargaan, Ini Hanya Bonus
Ini 5 Fitur Unggulan iPhone 15 Pro Max yang Perlu Anda Ketahui
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas