INDONEWS.ID

  • Rabu, 01/08/2018 09:21 WIB
  • LRT di Palembang Siap Sukseskan Asian Games 2018

  • Oleh :
    • hendro
LRT di Palembang Siap Sukseskan Asian Games 2018
Zulfikri, Dirjen Perkeretaapian, Kemenhub (kanan) dan Ahmed Kurnia, Redaktur Senior Indonews di Ruang Operation Control Center LRT, Palembang.

Indonews, Palembang - Palembang  telah siap menjadi tuanrumah Asian Games XVIII mendatang. Sejumlah fasilitas pendukung pesta olahraga terbesar di Asia itu sudah rampung, di antaranya adalah beroperasinya LRT (light rail transit) sebuah sistem angkutan cepat dengan kereta api ringan yang dibangun di atas median jalan utama di Palembang. 

“Pembangunan infrastruktur menghabiskan dana sekitar Ro10,9 Trilyun dan sepenuhnya dibiayai oleh APBN,” ujar Zulfikri, Dirjen Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan kepada Indonews di Depo LRT, yg berada di kawasan Opi, Banyuasin, Selasa (31/7).

Baca juga : Pj Gubernur Agus Fatoni Lepas Keberangkatan 445 Jemaah Calon Haji Kloter Pertama Embarkasi Palembang

LRT atau kereta layang (dengan satu rangkaian kereta dengan lima gerbong) dapat mengangkut sekitar 500 penumpang, sudah siap dioperasikan. “Kami sudah mengeluarkan sertifikasi. Mulai 1 Agustus 2018 LRT di Palembang sudah beroperasi dengan tarif berkisar Rp5 ribu hingg Rp10 ribu per orang,” ujar Zulfikri. Sebelumnya moda transportasi ini telah diujicoba sejak 23 Juli 2018 lalu. LRT ini memiliki lintasan sepanjang 23,4 kilometer yang menghubungkan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II menuju kawasan olahraga Jakabaring Sports Center Palembang. Masing-masing gerbong dilengkapi dengan pendingin udara dan Wi-fi.

Lebih lanjut, pria kelahiran Lintau Sumbar itu, menjelaskan bahwa tarif Rp10 ribu khusus bagi penumpang yg berangkat dari atau menuju bandara. “Harga ini memang masih disubsidi oleh pemerintah,” jelasnya. Lebih jauh, Zulfikri juga menambahkan, bahwa di sepanjang rute LRT terdapat 13 stasiun. Di masing-masing stasiun, selain tangga, juga dilengkapi dengan fasilitas eskalator dan lift sehingga memudahkan bagi warga lansia dan difabel untuk bisa ikut terlayani moda transportasi ini.

Baca juga : Pos Mahen Satgas Yonif 742/SWY Ajari Murid SDN Baudaok Cara Mengolah Sampah Plastik

Selama Asian Games nanti berlangsung, menurut Zulfikri, anggota kontingen peserta Asian Games akan mendapatkan ID Khusus sehingga para atlet dan official dari berbagai negara dapat keliling kota Palembang secara gratis.

Baca juga : Indonesia-Kazakhstan untuk Rampungkan Perjanjian Promosi dan Perlindungan Investasi
Artikel Terkait
Pj Gubernur Agus Fatoni Lepas Keberangkatan 445 Jemaah Calon Haji Kloter Pertama Embarkasi Palembang
Pos Mahen Satgas Yonif 742/SWY Ajari Murid SDN Baudaok Cara Mengolah Sampah Plastik
Indonesia-Kazakhstan untuk Rampungkan Perjanjian Promosi dan Perlindungan Investasi
Artikel Terkini
Pj Gubernur Agus Fatoni Lepas Keberangkatan 445 Jemaah Calon Haji Kloter Pertama Embarkasi Palembang
Pos Mahen Satgas Yonif 742/SWY Ajari Murid SDN Baudaok Cara Mengolah Sampah Plastik
Indonesia-Kazakhstan untuk Rampungkan Perjanjian Promosi dan Perlindungan Investasi
Prof Dr H Yulius SH MH Ketua Kamar TUN Mahkamah Agung Diwawancara Ekslusif Majalah MATRA
Dorong Ekonomi Nasional Lebih Transformatif, Menko Airlangga Jalin Kerja Sama Global
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas