INDONEWS.ID

  • Rabu, 05/09/2018 16:01 WIB
  • LSI : Pasangan Jokowi-Ma`ruf Amin Lebih Unggul Ketimbang Prabowo-Sandiaga

  • Oleh :
    • luska
LSI : Pasangan Jokowi-Ma`ruf Amin Lebih Unggul Ketimbang Prabowo-Sandiaga
Konferensi pesr LSI soal elektibilitas pasangan Capres dan Cawapres dalam pilpres 2019.(Indonews.id/Luska)
Jakarta, INDONEWS.ID - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengadakan survei yang bertemakan  `Pertarungan Pilpres di Media Sosial`. Dari data survei menunjukkan elektabilitas bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden Pemilu Presiden 2019, Joko Widodo-Ma`ruf Amin lebih tinggi dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.
 
"Di kalangan pengguna media sosial, selisih elektabilitas Jokowi-Ma`ruf dengan Prabowo-Sandi cukup tipis. Jokowi-Ma`ruf mendapat 48,3 persen, sedangkan Prabowo-Sandi mendapat 39,5 persen," ujar peneliti LSI Ardian Sopa, di Kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (5/9/2018).
 
Sedangkan 12 persen pemilih menyatakan rahasia atau belum memutuskan. Dalam hal ini, media sosial yang paling populer sebagai acuan adalah Facebook, Instagram, dan Twitter.
 
"Dari data ini kita bisa lihat bahwa dari pertarungan sosial media ketika digabungkan semuanya memang masih unggul Jokowi-Ma`ruf Amin tetapi memang selisihnya tidak terlalu besar dibandingkan dengan bukan pengguna sosial media," ungkap dia.
 
Di sisi lain, pada kalangan bukan pengguna medsos dengan pemilih sebanyak 71,5 persen, elektabitas Jokowi-Ma`ruf juga lebih besar daripada Prabowo-Sandi dengan selisih yang lebih besar dibandingkan kalangan pengguna medsos.
 
"Elektabilitas Jokowi-Ma`ruf mencapai 53,7 persen, sedangkan Prabowo-Sandi mencapai 25,5 persen. Sisanya, sebanyak 20,8 persen menyatakan rahasia atau belum menjawab," ujar dia.
 
Survei LSI ini menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error sebesar +/- 2,9 persen yang dilaksanakan kepada 1.200 respoden pada 12-19 Agustus 2018 di 33 Provinsi di Indonesia.  
 
Sebanyak 28,5 persen pemilih menyatakan sebagai pengguna media sosial seperti facebook, instagram dan twitter. Sementara itu, sebanyak 71,5 persen menyatakan bukan pengguna media sosial. (Lka)
Artikel Terkait
Ini 15 Nama Capres Potensial pada 2024
Sabtu Pagi, Jokowi - Ma`ruf Amin tetap Unggul Dengan Suara 66.086.023 atau 56,30 Persen
KPU Selesaikan 129 Wilayah PPLN, Jokowi-Ma`ruf Amin Unggul
Artikel Terkini
Awarding Innovillage: Wujud Nyata Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri dalam Membangkitkan Talenta Digital Masa Depan
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas