INDONEWS.ID

  • Senin, 07/01/2019 20:20 WIB
  • Jokowi Ingin Jajarannya Siap Untuk Hadapi Bencana Alam

  • Oleh :
    • Ronald
Jokowi Ingin Jajarannya Siap Untuk Hadapi Bencana Alam
Jokori mengatakan bahwa Kementerian Keuangan memastikan akan menyediakan anggaran penanggulangan bencana Rp15 triliun dalam APBN 2019. Nilai tersebut meningkat dari realisasi sementara dana bencana 2018 Rp7 triliun.

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan para menteri kabinet kerja di Istana Negara pada Senin ( 7/1/2019).

Dalam kesempatan ini, Jokowi ingin jajarannya siap dan sigap menghadapi bencana alam. Menurutnya, Indonesia yang berada di atas cincin api memang rawan bencana.

"Kita harus siap, harus respons, harus sigap, harus tangguh dalam setiap menghadapi bencana alam," kata Jokowi saat membuka Sidang Kabinet Paripurna Program dan Kegiatan 2019.

Selain itu, Jokowi juga sudah memerintahkan pembantunya soal pemberian edukasi bencana sejak dini. Edukasi itu juga diharapkan masuk ke dalam materi pendidikan.

"Sehingga betul-betul kita siap dalam menghadapi bencana alam," ujar mantan Gubernur DKI ini.

Maka dari itu, bersama dengan DPR, pemerintah telah bersepakat menambah anggaran edukasi dan mitigasi bencana alam pada APBN 2019.

Kementerian Keuangan memastikan akan menyediakan anggaran penanggulangan bencana Rp15 triliun dalam APBN 2019. Nilai tersebut meningkat dari realisasi sementara dana bencana 2018 Rp7 triliun.

Setidaknya ada beberapa bencana alam yang terjadi di beberapa daerah selama 2018. Gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB); gempa dan tsunami di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, serta tsunami Selat Sunda. (ronald)

Baca juga : Presiden Jokowi Resmikan Inpres Jalan Daerah Sepanjang 165 km pada 15 Kabupaten/Kota di Sultra
Artikel Terkait
Presiden Jokowi Resmikan Inpres Jalan Daerah Sepanjang 165 km pada 15 Kabupaten/Kota di Sultra
Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi, Presiden Jokowi Didampingi Menteri Basuki Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa
Jokowi Lantik Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN Rabu, Beredar Nama Hadi Tjahjanto dan AHY
Artikel Terkini
Pastikan Arus Barang Kembali Lancar, Menko Airlangga Tinjau Langsung Pengeluaran Barang dan Minta Instansi di Pelabuhan Tanjung Priok Bekerja 24 Jam
Umumkan Rencana Kedatangan Paus Fransiskus, Menteri Agama Dukung Penuh Pengurus LP3KN
Mendagri Tito Lantik Sekretaris BNPP Zudan Arif Fakrulloh Jadi Pj Gubernur Sulsel
Perayaan puncak HUT DEKRANAS
Kemendagri Tekankan Peran Penting Sekretaris DPRD Jaga Hubungan Harmonis Legislatif dengan Kepala Daerah
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas