INDONEWS.ID

  • Rabu, 27/02/2019 16:31 WIB
  • Berikan Pelayanan Yang Optimal, Kemenkeu Kembangkan Sistem BIOS

  • Oleh :
    • Ronald
Berikan Pelayanan Yang Optimal, Kemenkeu Kembangkan Sistem BIOS
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Rapat Koordinasi Nasional Badan Layanan Umum 2018 dengan tema “Inovasi Teknologi dan Kolaborasi BLU untuk Pelayanan Lebih Baik” di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (26/2/2019) kemarin.

Jakarta, INDONEWS.ID - Kementerian Keuangan tengah mengembangkan system aplikasi Badan Layanan Umum (BLU) Integrated Online System (BIOS) yaitu sistem aplikasi berbasis web yang mengintegrasikan data layanan dan keuangan BLU untuk penyempurnaan proses bisnis, analisa data, dan pengambilan keputusan sebagai bentuk layanan berbasis elektronik.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Rapat Koordinasi Nasional Badan Layanan Umum 2018 dengan tema “Inovasi Teknologi dan Kolaborasi BLU untuk Pelayanan Lebih Baik” di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (26/2/2019) kemarin mengatakan, BLU merupakan entitas baru yang  masih perlu terus diperbaiki terkait peran dan definisi BLU, kriteria dan kinerja BLU, tata kelola,dan peningkatan produktivitas dan kualitas dari BLU.

Baca juga : DJP Jaksel II Resmikan Tax Center STIH IBLAM

“Saat ini BLU sebagai entitas baru, masih banyak diisi oleh ASN yang cenderung birokratis. Padahal BLU dituntut memiliki budaya entrepreneurship yang tidak berfokus mencari keuntungan atau profit semata, tetapi utamanya adalah memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat secara berkelanjutan. Jadi mindsetnya harus berbeda dari birokrasi maupun wirausaha murni. Istilahnya adalah socio entrepreneur,” beber Menkeu.

Sementara itu, disampaikan Menkeu, salah satu bagian dari sistem BIOS yang dikembangkan kementeriannya yaitu Office Automation (OA), yang dapat melaksanakan otomatisasi proses pengelolaan tata naskah dinas elektronik yang mendukung efisiensi sumber daya.

Baca juga : Sidang Ketiga Gugatan 11 Triliun, Kemenkeu dan Bank Indonesia Hadir Tanpa Kelengkapan Administrasi

BIOS sendiri nantinya akan dapat menghubungkan beberapa stakeholder BLU yaitu Kemenkeu, Kementerian/Lembaga, BLU, dan stakeholder terkait. Sistem ini merupakan salah satu upaya Kemenkeu untuk melakukan sinergi dan kolaborasi antar BLU yang meliputi sumber daya finansial, sumber daya manusia, dan optimalisasi dana dan asset. 

Sebagai informasi, Badan Layanan Umum (BLU) merupakan instansi di lingkungan Pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas.

Baca juga : Terima Undangan dari MK, Sri Mulyani Akan Hadir dalam Sidang PHPU

Dari data Kemenkeu per Januari 2019, tercatat ada 218 Badan Layanan Umum di Indonesia yang berada di 19 Kementerian dan Lembaga yang  tersebar di 32 provinsi dan memiliki jenis pelayanan beragam, mulai dari pendidikan, kesehatan, hingga pengelolaan dana dan kawasan.

Sepanjang 2018, BLU tersebut mampu memberikan kontribusi besar bagi penerimaan negara yang terlihat dari penerimaan BLU pada 2018 mencapai sebesar Rp 55,4 triliun. Angka ini lebih tinggi daripada target yang dipatok pemerintah sebesar Rp 43,3 triliun. (rnl)

Artikel Terkait
DJP Jaksel II Resmikan Tax Center STIH IBLAM
Sidang Ketiga Gugatan 11 Triliun, Kemenkeu dan Bank Indonesia Hadir Tanpa Kelengkapan Administrasi
Terima Undangan dari MK, Sri Mulyani Akan Hadir dalam Sidang PHPU
Artikel Terkini
Upacara Peringatan ke-116 Hari Kebangkitan Nasional di Kabupaten Maybrat: Menuju Indonesia Emas
Di Acara Mengenang Tokoh Pers Nasional Prof Salim Haji Said, Pemred Asri Hadi Bertemu Bacalon Walkot Tangsel
Raih Gelar Doktor Honoris Causa Gyeongsang National University (GNU), Menko Airlangga Diakui Dedikasinya dalam Kemitraan Strategis Indonesia-Korea Selatan
ICC Terbitkan Surat Penangkapan Terkait Konflik Gaza, Hikmahanto: Tiga Alasan Masih Sulit Dilakukan
"Sekolah Damai" di SMA 3 Semarang, BNPT: Upaya Ciptakan Lingkukngan Pendidikan Aman, Damai, dan Penuh Nilai Toleransi
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas