INDONEWS.ID

  • Jum'at, 12/07/2019 20:14 WIB
  • Pengamat: Pengumuman Susunan Kabinet Jokowi Positif Untuk Pasar

  • Oleh :
    • Mancik
Pengamat: Pengumuman Susunan Kabinet Jokowi Positif Untuk Pasar
Kabinet Pemerintahan Jokowi. (Foto: CNNIndonesia.com)

Jakarta,INDONEWS.ID - Pengumuman susunan kabinet pemerintahan Jokowi periode 2019-2024 akan berdampak positif terhadap pelaku ekonomi terutama pelaku pasar keuangan. Hal ini disampaikan oleh Ekonom PT Bank Central Asia Tbk David Sumual pada Jumat 12 Juli 2019 di Jakarta.
Menurutnya, susunan kabinet jika diumumkan oleh presiden, memberikan kepastian kepada para ekonom terutama pada kebijakan ekonomi ke depan. Pelaku usaha bisa memprediksi kebijakan -kebijakan pemerintah yang bisa menguntungkan terhadap pelaku ekonomi.


"Setidaknya ada sebuah kepastian, tentu lebih cepat, lebih baik, pasar lebih cepat mengetahui kepastian dan arah kebijakan," kata David, Jakarta, Jumat,(12/07/2019)

Baca juga : Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD

Perkembangan ekonomi global, jelas David, cenderung tidak memberikan sentimen positif terhadap perkembangan pasar di Indonesia. Karena itu, susunan kabinet ini sedikit memberi titik terang terhadap pasar untuk merencanakan investasi ke depannya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, keberadaan menteri yang ada di kabinet saat ini, belum memberikan arah kebijakan yang baru dalam bidang ekonomi secara siginifikan. Hal ini memang cukup berasalan karena masa jabatan menteri-menteri yang ada akan segera berakhir.

Baca juga : Pimpin Peringatan Hari Otonomi Daerah, Mendagri Tekankan soal Pembangunan Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau


Langkah pengumuman calon menteri dalam waktu lebih cepat juga akan menghadirkan penilaian tersendiri bagi calon menteri tersebut. Karena hal ini memudahkan pemerintahan untuk melewati masa transisi pemrintahan secara baik.


"Yang sekarang sudah mau berakhir, jadi bisa langsung saja transisi sosialisasi arah kebijakan yang akan dijalankan menteri-menteri baru di kabinet baru," jelasnya.

Baca juga : Kemenangan Prabowo-Gibran Peluang Bagi Pengembangan Ekonomi Kelautan dan Konektivitas Antarpulau


Hal sama juga disampaikan oleh oleh Ekonom Universitas Indonesia (UI) Telisa Aulia Falianty. Menurutnya, pengumuman calon menteri dalam kabinet baru bisa memberi pengaruh positif untuk pasar.

"Supaya bisa ada masukan mungkin kalau ada yang belum pas dan benar butuh ekspektasi akan ada gebrakan kebijakan baru apa," ungkapnya.

Adapun terkait dengan calon menteri,menurutnya, merupakan kewenangan dan hak prerogatif dari presiden. Presiden pasti lebih tahu siapa-siapa yang lebih layak untuk duduk dalam kabinet dalam lima tahun ke depan.


Presiden bisa memilih orang-orang yang memiliki kemampuan dan kecerdasan sesuai dengan kebutuhan dalam pemerintahan. Dengan demikian, pemerintahan berjalan dengan baik dan melanjutkan kerja-kerja pembangunan lima tahun terakhir.*(Marsi Edon)

 

 

Artikel Terkait
Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD
Pimpin Peringatan Hari Otonomi Daerah, Mendagri Tekankan soal Pembangunan Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau
Kemenangan Prabowo-Gibran Peluang Bagi Pengembangan Ekonomi Kelautan dan Konektivitas Antarpulau
Artikel Terkini
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut
Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD
Kemendagri Dukung Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional Melalui Optimalisasi Kebijakan Fiskal Nasional
Kemendagri Dorong Percepatan Pemenuhan Sarana dan Prasarana Pemerintahan di 4 DOB Papua
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas