INDONEWS.ID

  • Rabu, 04/09/2019 10:35 WIB
  • Roadmap JSky Energy Indonesia

  • Oleh :
    • tirto prima putra
Roadmap JSky Energy Indonesia
Carport yang sedang dibangun di pabrik JSky

Jakarta, indonews.id - JSky Energy merupakan salah satu perusahaan sektor energi terbarukan. Perusahaan yang lahir pada 2008 ini fokus pada konversi sinar matahari menjadi listrik. Produknya yakni adalah solar panel sebagai alat yang mampu memanfaatkan sinar matahari menjadi listrik.

Pemanfaatan energi matahari menjadi listrik perlu didukung karena dampak lingkungannya yang minimal. Kondisi lingkungan saat ini menjadi perhatian bahkan bagi masyarakat global. PBB telah menetapkan 17 tujuan pembangunan berkelanjutan/ sustainable development goals (SDG) yang salah satunya terkait energi terjangkau dan bersih. Adapun salah satu visi SDG berkaitan dengan lingkungan yakni melindungi planet dan lingkungan.

Baca juga : Ketua KIP: Pertamina Jadi `Role Model` Keterbukaan Informasi Publik di Sektor Energi

Saat ini kendaraan dan bahkan pembangkit listrik menyumbangkan polusi udara dari pembakaran. Polusi udara berdampak pada kesehatan makhluk hidup bahkan hingga peningkatan permukaan laut yang disebabkan mencairkan es di kutub akibat efek rumah kaca.

Solar panel menjadi salah satu opsi mengurangi penggunaan energi konvensional seperti minyak dan batu bara. JSky Energy tengah merencanakan alternatif energi yang ramah lingkungan. Semua alternatif energi didasarkan listrik dan sumber energi matahari.

Baca juga : Dorong Transisi Energi Berkelanjutan, Pemerintah Optimis Swasembada Energi Indonesia Segera Dicapai

Pertama, produk utama JSky yakni solar panel yang menyerap sinar matahari menjadi listrik. Saat ini sedang dalam pengembangan untuk menyimpan energi listrik ke baterai lithium. Riset masih dilakukan untuk menghindari baterai dan perangkat yang tidak cocok, jika keduanya tidak cocok maka dapat merusak perangkat bahkan terbakar. “Kendala baterai lithium harus cocok agar tidak terbakar”, jelas Direktur Markering Ronald Sibarani.

Kedua, produk sederhana kombinasi lampu dan solar panel. Jenis ini sudah banyak terlihat pada lampu penerangan jalan.

Baca juga : Presiden Jokowi Dorong Penguatan Integrasi Ekonomi, Percepatan Transisi Energi dan Transformasi Digital dalam KTT Khusus ASEAN-Australia

Ketiga, kombinasi solar panel dan baterai besar serupa aki kendaraan. Fungsinya adalah cadangan listrik ketika padam layaknya genset. Baterai mampu bertahan hingga 10 jam, tentunya tanpa polusi asap dan suara berisik seperti genset.

Keempat, membangun garasi kendaraan (carport dan bikeport) yang mana atap garasi menggunakan solar panel yang siap menyediakan aliran listrik untuk mengisi daya kendaraan listrik.

JSky Energy berencana mengembangkan B2C, Business to customers. Selama ini JSky Energy tidak melayani penjualan ritel, umumnya melayani permintaan besar dari luar negeri.

Dengan adanya B2C, JSky Energy menawarkan pelayanan produk beserta jasanya sehingga pengguna tidak perlu memikirkan kendala produk. Adapun JSky Energy akan memberikan informasi terkait produk yang digunakan seperti kerusakan cell. Berbeda dengan membeli yang berujung pada klaim garansi ketika mendapatkan kerusakan, dengan konsep B2C pengguna hanya menunggu tindakan JSky Energy.

Keinginan menggarap pasar lebih besar diawali dengan persaingan dengan perusahaan solar panel di Cina yang karena produksi masal sehingga biaya dapat ditekan. Direktur Keuangan, Christoper Liawan menjelaskan, “Cina itu mass production, selain itu di kasi bantuan pinjaman dan lahan pemerintah, cost mereka rendah kemudian menggunakan sistem automation (robot)”.

Artikel Terkait
Ketua KIP: Pertamina Jadi `Role Model` Keterbukaan Informasi Publik di Sektor Energi
Dorong Transisi Energi Berkelanjutan, Pemerintah Optimis Swasembada Energi Indonesia Segera Dicapai
Presiden Jokowi Dorong Penguatan Integrasi Ekonomi, Percepatan Transisi Energi dan Transformasi Digital dalam KTT Khusus ASEAN-Australia
Artikel Terkini
Bupati Tanahdatar buka Grand Opening Sakato Aesthetic
Strategi Implementasi "Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila", Menyemai Nilai Kebangsaan di Tengah Tantangan Zaman
Satgas Yonif 742/SWY Perkenalkan Ecobrick Kepada Para Murid Di Perbatasan RI- RDTL
The International Awards 2024, Pj Bupati Maybrat Dapat Penghargaan dari Seven Media Asia
Pj Sekretaris Daerah kabupaten Maybrat Turut Kunjungi Kampung Ayata dan Aisa
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas