INDONEWS.ID

  • Selasa, 01/10/2019 11:24 WIB
  • Ini Wajah DPD RI Periode 2019-2024

  • Oleh :
    • very
Ini Wajah DPD RI Periode 2019-2024
Logo DPD RI. (Foto: Antara)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Sebanyak 136 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) terpilih dari 34 daerah pemilihan akan dilantik di Gedung DPR/DPD/MPR dalam sidang Paripurna di Jakarta, Selasa (1/10). Mereka akan mewakili daerah di seluruh Indonesia untuk periode 2019-2024.


Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas yang terpilih kembali kali ini menjadi anggota DPD terlama dengan masa jabatan empat periode. GKR Hemas menjadi anggota DPD sejak periode pertama (2004-2009) dan akan kembali dilantik untuk periode 2019-2024.

Sementara anggota DPD tertua adalah Sabam Sirait yang berusia 82 tahun dari daerah pemilihan DKI Jakarta. Sedangkan anggota DPD termuda yaitu Jialyka Maharani (22 tahun) dari daerah pemilihan Sumatera Selatan.

Seperti dikutip Antara, jumlah anggota DPD perempuan sebanyak 42 orang. Dari 34 Provinsi terdapat delapan provinsi yang tidak ada perempuan terpilih yaitu Aceh, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Bali, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat dan Papua Barat.

Semenara daerah pemilihan Sumatera Selatan, menjadi satu-satunya provinsi yang seluruh anggota DPD terpilihnya (sebanyak empat orang) dari kalangan perempuan.

Baca juga : JK Negarawan Luwes dan Selalu Menjaga Tali Silaturahim

Komedian Oni Suwarman (Oni SOS) menjadi anggota DPD terpilih dengan perolehan suara terbanyak, 4.132.681 suara dari daerah pemilihan Jawa Barat.

Maya Rumantir (penyanyi) dan Oni Suwarman (komedian) adalah Caleg DPD dari kalangan artis yang kembali terpilih di masa periode 2019-2024.(Very)

 

Baca juga : Kartelisasi Politik dan Masa Depan Demokrasi Indonesia
Artikel Terkait
JK Negarawan Luwes dan Selalu Menjaga Tali Silaturahim
Kartelisasi Politik dan Masa Depan Demokrasi Indonesia
Jubir Presiden Pastikan Jokowi Hadiri Penutupan Kongres Partai Nasdem
Artikel Terkini
Kak Wulan Bikin Petani Mawar Nganjuk Punya Harapan Baru
PNM Peduli, Gerak Cepat Bantu Bencana Banjir Bandang dan Lahar Dingin Sumatera Barat
Pj Bupati Maybrat Sambut Kedatangan Tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana
Tips Memilih Jasa Pengurusan Visa
Rekomendasi Jasa Penerjemah Tersumpah Terbaik di Jabodetabek
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas