INDONEWS.ID

  • Minggu, 13/10/2019 22:01 WIB
  • Uji Coba Pekan Depan, Menhub Berharap LRT Jabodebek Siap Beroperasi 2021

  • Oleh :
    • Ronald
Uji Coba Pekan Depan, Menhub Berharap LRT Jabodebek Siap Beroperasi 2021
Light Rail Transit (LRT) Jabodebek akan diuji coba selama setahun. Diharapkan 2021 sudah mulai beroperasi. (Foto : istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan proses pengerjaan sisi sarana dan prasarana telah dikerjakan dengan baik oleh PT Industri Kereta Api (Persero) dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Karena itu, dirinya berharap proyek LRT Jabodebek bisa berjalan lebih lancar dan memiliki hasil lebih hebat dibandingkan dengan LRT Palembang.

"Ini adalah proyek kedua setelah [LRT] Palembang, harusnya lebih hebat. Tingkat komponen dalam negeri sudah di atas 60 persen, harapannya meningkat terus," kata Budi Karya saat memberikan sambutan dalam acara pengangkatan kereta pertama LRT Jabodebek di pitstop Stasiun Harjamukti, Minggu (13/10/2019).

Baca juga : Libur Nataru, Menhub: Tanggal 1 dan 2 Januari 2024 Terjadi Puncak Arus Balik

Menhub menambahkan setelah satu rangkaian kereta (trainset) diterima pada tahap pertama, akan ada pengiriman hingga 31 trainset selanjutnya. Adapun, pengujian sarana dan prasarana membutuhkan waktu hingga satu tahun.

Pengujian tersebut, lanjut Menhub, akan dilakukan secara terus-menerus untuk 31 unit trainset hingga 2021 sampai LRT bisa beroperasi maksimal. Dari total 31 rangkaian, satu rangkaian LRT telah dikirim oleh Inka pada 8 Oktober 2019.

Baca juga : Keselamatan Penumpang di Nataru, Pastikan Armada Kapal dalam Keadaan Layak

Tahap selanjutnya akan dilakukan tes dinamis yang dijadwalkan mulai 18 Oktober 2019 dengan item tes meliputi Traction System Test, Low Speed Test, High Speed Test, Traction Performance Test, dan PID (Passenger Information Display) System Test.

Menhub mengatakan terdapat tiga rute yang akan dilayani oleh LRT Jabodebek tersebut., yakni rute Cawang-Cibubur, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas dan Cawang-Bekasi Timur. 

Baca juga : Kementerian PANRB Uji Coba SKM Online di Enam Lokus Percontohan

Saat ini, Menhub melanjutkan, pengerjaan untuk lintas Cawang-Cibubur sudah mencapai 85,7 persen, lintas Cawang-Kuningan-Dukuh Atas mencapai 56,1 persen. Sedangkan lintas Cawang-Bekasi Timur sudah mencapai 59,5 persen.

Dikatakan Menhub, pada 18 Oktober akan dilakukan uji coba LRT Jabodebek untuk lintas Cawang-Cibubur. Uji coba LRT Jabodebek akan dimulai meski progres pembangunan belum sepenuhnya rampung.

"Tahap pertama ini uji coba selama satu bulan, berarti sampai tanggal 18 November. Kita melakukan bersamaan, melakukan tes sarana dan juga konstruksi di lintas lainnya. Kami berharap November 2021 semua sudah selesai," ujar Menhub.

 

Untuk diketahui bersama, Kereta LRT dapat menampung 1.308 orang jika dalam keadaan padat dan 740 orang dalam keadaan normal, dengan headway atau waktu tunggu penumpang selama 2-3 menit di setiap stasiun. (rnl)

 

Artikel Terkait
Libur Nataru, Menhub: Tanggal 1 dan 2 Januari 2024 Terjadi Puncak Arus Balik
Keselamatan Penumpang di Nataru, Pastikan Armada Kapal dalam Keadaan Layak
Kementerian PANRB Uji Coba SKM Online di Enam Lokus Percontohan
Artikel Terkini
Perkuat Semangat Persaudaraan Antara Siswa, SMP Notre Dame Gelar Paskah Bersama dan Peringatan Hardiknas 2024
PNM Mekaar Beri Reward Ketua Kelompok Unggulan Studi Banding Olahan Jamu Tradisional
PNM Berikan Ruang Bakat dan Silaturahmi Karyawan Lewat Event SEHATI
Waspadai Pihak-Pihak yang Benturkan Konsep Negara Pancasila dengan Agama
Pelintas RI - Timor Leste Kini Bisa Akses Internet `Ngebut` di PLBN Motaain
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas