INDONEWS.ID

  • Selasa, 15/10/2019 17:59 WIB
  • Anggota DPR Mileniar Super Tajir Diminta Harus Terbuka ke Publik Soal Harta Kekayaan

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Anggota DPR Mileniar Super Tajir Diminta Harus Terbuka ke Publik Soal Harta Kekayaan
DPR Milenial (Foto: Tribunews.com)

Jakarta, INDONEWS.ID - Anggota DPR milenial dengan kekayaan bejibun diminta menyampaikan informasi selengkap-lengkapnya soal sumber harta mereka ke publik. Hal itu penting untuk menjawab kecurigaan publik bahwa harta itu terkait tindak pidana korupsi.

Hal itu disampaikan mantan Sekjen Ikatan Alumni Ilmu Politik Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Edward Panggabean kepada seperti dikutip dari KATTA, Selasa (15/10/2019).

Baca juga : Masuk 50 Tokoh Muslim Berpengaruh, Said Abdullah: Mengkonfirmasi Komitmen Keislaman Jokowi

"Penting diungkap ke publik dari mana sumbernya. Sehingga, tidak muncul prasangka buruk bahwa miliaran rupiah yang mereka miliki terkait perbuatan pidana," kata Edward.

Edward mengapresiasi kehadiran figur-figur milenial di DPR RI periode 2019-2024. Meski begitu dia menekankan para anggota DPR milienial perlu membuka informasi selengkap-lengkapnya soal kekayaan yang dimiliki.

Baca juga : Ini Rangkaian Acara Sidang Paripurna Pengucapan Sumpah Anggota DPR/DPD/MPR

Dia mencontohkan Puteri Komaruddin, legislator asal daerah pemilihan Jawa Barat VII dari Partai Golkar sekaligus putri mantan Ketua DPR Ade Komaruddin.

Seperti dDikutip dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang bersumber dari elhkpn.kpk.go.id, Puteri yang berusia 26 tahun memiliki harta Rp 40 miliar.

Baca juga : Intan Fauzi: Pemilu Mimim Politik Gagasan, Politik Ide dan Politik Konstruktif

Ada juga Farah Nahlia legislator Dapil Jawa Barat IX dari PAN. Di usianya yang kini 23 tahun, Farah yang merupakan putri Dirtipidter Bareskrim Polri Brigjen Fadli Imran memiliki kekayaan Rp 17 miliar.

Nama lainnya Hillary Brigitta, Rizki Natakusumah dan Muhammad Rahul. Hillary (23), anak bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut yang terpilih menjadi anggota DPR melalui Partai Nasdem ini memiliki kekayaan Rp 9 miliar.

Rizki Natakusumah yang juga berusia 23 tahun, putra anggota DPR Dimyati Kusumah, memiliki harta Rp 9,6 miliar. Kemudian Rahul, putra Wakil Ketua Komisi VII DPR Muhammad Nasir memiliki harta Rp 7 miliar.

"Publik perlu mendapat penjelasan cukup agar tidak curiga. Jelaskan dari mana dan bagaimana cara mendapatkannya," ucapnya.

Selain itu, Edward meminta KPK berubah dalam menyikapi laporan LHKP pejabat. Dia menekankan pentingnya LHKPN untuk membongkar terjadinya pidana korupsi.

"Jangan melulu tindak pidana korupsi dibongkar dengan operasi tangkap tangan. LHKPN bisa menjadi pintu masuk mengusut kejahatan korupsi," demikian kata Edward.*(RIkardo).

Artikel Terkait
Masuk 50 Tokoh Muslim Berpengaruh, Said Abdullah: Mengkonfirmasi Komitmen Keislaman Jokowi
Ini Rangkaian Acara Sidang Paripurna Pengucapan Sumpah Anggota DPR/DPD/MPR
Intan Fauzi: Pemilu Mimim Politik Gagasan, Politik Ide dan Politik Konstruktif
Artikel Terkini
Pemprov Papua Barat Daya Serahkan Bantuan Mobil Angkutan Umum untuk Pedagang Mama Papua di Maybrat
Rapat Koordinasi Nasional Bahas Netralitas ASN dalam Pilkada Serentak 2024
Evaluasi Penanganan Pengungsi di Maybrat Menunjukkan Kemajuan Signifikan
Kebun Rimsa PTPN IV Regional 4 Bantu Sembako Dua Panti Asuhan
Santri dan Santriwati Harus Mengisi Ruang Dakwah dengan Nilai yang Penuh Toleransi
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas