INDONEWS.ID

  • Minggu, 03/11/2019 10:38 WIB
  • Besok, Pemred Indonews Akan Berikan Penyuluhan Anti Narkoba di Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat

  • Oleh :
    • hendro
Besok, Pemred Indonews Akan Berikan Penyuluhan Anti Narkoba di Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat
Aktivis Anti narkoba sekaligus Pemred Indonews Asri Hadi

Jakarta, INDONEWS.ID - Setelah sukses mengkampanyekan perang terhadap narkoba terhadap generasi muda Indonesia, aktivis Anti narkoba yang juga Pemred INDONEWS.ID  Asri Hadi bersama mantan ketua BNN Komjen (purn) Ahwil Loetan direncanakan, Senin (4/11/2019), akan memberikan penyuluhan terkait bahaya narkoba di desa Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat.

Dipilihnya Desa Lintau Buo menjadi target penyuluhan Anti narkoba, tidak lain karena wilayah ini memiliki intensitas kasus penyalahgunaan narkoba dalam enam bulan terakhir ini cukup  meningkat.

Baca juga : Marsekal Hadi Tjahjanto Jadi Menko Polhukam, Pemred Indonews Ucapkan Selamat

Bahkan aparat penegak hukum berhasil membongkar  sejumlah kasus penyalahgunaan narkoba di daerah tersebut, seperti  terungkapnya seorang perempuan cantik asal daerah tersebut yang tertangkap menjadi bandar sabu.

Kemudian, ada calon legilatif sedang nyabu di Kabupaten Tanah Datar. Bahkan, polisi juga pernah menangkap warga yang secara polos rumahnya dijadikan markas paket besar ganja kering siap edar. Kasus ini menjadi keprihatian banyak pihak.

Baca juga : Ketua Teladan Pro Ganjar-Mahfud MD, Ica Risanggeni: Kami Optimistis Ganjar-Mahfud Akan Memenangkan Pilpres

Sejumlah kasus yang berhasil diungkap di daerah tersebut mengindikasikan bahwa Narkoba telah masuk ke daerah pedesaan. “Perubahan sosial masyarakat di pedesaan diduga menjadi penyebab utama masuknya berbagai macam Narkotika melalui suplai bandar berskala besar dan kecil,” ujar Asri Hadi kepada INDONEWS.

Asri Hadi mengaku bahwa sebagai Pembina Desa Cegah Narkoba,  merasa prihatin ternyata narkoba sudah masuk di desa tempat dia lahir di Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Baca juga : Pemred Indonews.id Dampingi Founder Sambas Sinergy Cicipi Menu Jepang di Resto Atsumaru Izakaya

“Jangan dong, kita tenang-tenang saja, melihat situasi sedang rawan peredaran dan penyalahgunaan Narkoba di daerah kita,” ujar Asri Hadi, yang bersama LSM Bersama dan RIDMA Foundation telah melakukan kolaborasi Desa Cegah Narkoba secara swadaya

Lebih lanjut Asri menegaskan, hal ini akan menjadi komitmen LSM Bersama untuk menggerakkan kembali program Desa Cegah Narkoba yang pernah ia deklarasikan bersama sejumlah LSM anti Narkoba seperti RIDMA Foundation di Kemang Jakarta Selatan beberapa tahun silam.

“Kita harus peduli, Negara kita darurat narkoba. Pengguna penyalahguna narkoba, sudah masuk ke desa-desa sebagian besar wilayah Indonesia,” tutur Asri Hadi, aktivis anti narkoba yang membidani ide Desa Cegah Narkoba, sebagai program nasional kita.

Sementara itu,  dalam menyikapi situasi ini, Komjen pol (purn) Ahwil Loetan yang saat ini menjabat sebagai Koordinator Staf Ahli BNN langsung menggelar pertemuan dan membahas ancaman serius narkoba dengan para Pengurus Ikatan Lintas Buo, Kabupaten, Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat di Restoran Sederhana, jl Juanda, Jakarta Pusat. Dalam pertemuan 17 Oktober 2019 lalu, disepakati untuk program Desa Cegah Narkoba bisa berjalan tahun ini.

Sedangkan pada acara penyuluhan yang akan dilaksanakan tanggal 4 November 2019 di desa Lintau Buo itu juga menghadirkan narasumber Brigjen pur (pol) Dr Victor serta Dr Kusman, mantan Deputi Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional.

Artikel Terkait
Marsekal Hadi Tjahjanto Jadi Menko Polhukam, Pemred Indonews Ucapkan Selamat
Ketua Teladan Pro Ganjar-Mahfud MD, Ica Risanggeni: Kami Optimistis Ganjar-Mahfud Akan Memenangkan Pilpres
Pemred Indonews.id Dampingi Founder Sambas Sinergy Cicipi Menu Jepang di Resto Atsumaru Izakaya
Artikel Terkini
Amicus Curiae & Keadilan Hakim
Tiga Warga Meninggal Imbas Longsor dan Lahar Dingin Gunung Semeru
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel
Cegah Perang yang Lebih Besar, Hikmahanto Sarankan Menlu Retno untuk Telepon Menlu Iran Agar Tidak Serang Balik Israel
Menakar Perayaan Idulfitri dengan Kearifan Lokal Secara Proporsional
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas