INDONEWS.ID

  • Minggu, 03/11/2019 15:42 WIB
  • Kemenlu Beri Penjelasan Jokowi Pakai Istilah Bilateral Bertemu FIFA

  • Oleh :
    • Mancik
Kemenlu Beri Penjelasan Jokowi Pakai Istilah Bilateral Bertemu FIFA
Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, di Bangkok, Thailand. (Foto:Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Jakarta, INDONEWS.ID - Penggunaan istilah bilateral oleh Presiden Jokowi saat bertemu Presiden FIFA,Gianni Infantino, dikritik oleh banyak pihak. Banyak pihak menilai penggunaan isitilah bilateral saat pertemuan dengan presiden FIFA tersebut kurang tepat.

Plt Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah, menjelaskan, istilah bilateral mengacu pada pertemuan antara kedua belah pihak. Karena itu, penggunaan isitilah tersebut oleh presiden tidak dapat disalahkan.

Baca juga : Ucapkan Selamat pada Prabowo, Khofifah: Suara di Jatim Signifikan Berkontribusi Atas Kemenangan Prabowo-Gibran

"Secara harfiah bilateral diartikan sebagai pertemuan antar-dua pihak," kata Faizasyah kepada media di Jakarta, Minggu,(3/11/2019)

Faizasyah kembali menjelaskan, penggunaan isitilah tersebut, telah digunakan untuk merujuk pertemuan lintas negara. Penggunaan istilah bilateral dalam pertemuan tersebut, masih tepat.

Baca juga : Soal Presiden Boleh Memihak, Joko Widodo Diminta Segera Mundur

"Pemaknaannya sudah lintas formal antar-negara," jelasnya.

Penggunan kata bilateral oleh Jokowi saat pertemuan dengan presiden FIFA, menuai banyak kritik dari masyarakat. Salah satunya dari mantan pimpinan DPR, Fahri Hamzah.

Baca juga : Presiden Joko Widodo Memberikan Sambutan di Depan Para Kepala Negara IPEF, Mengukuhkan Komitmen dalam Kerja Sama di Kawasan Indo-Pasifik

Fahri menerangkan, penggunaan istilah tersebut sangat keliru. Istilah bilateral hanya dapat digunakan dalam pertemuan yang berlangsung antara dua negara.

"Setahu saya istilah bilateral itu hanya untuk negara. FIFA bukan negara kan? Wallahualam," tutupnya.*

 

 

 

Artikel Terkait
Ucapkan Selamat pada Prabowo, Khofifah: Suara di Jatim Signifikan Berkontribusi Atas Kemenangan Prabowo-Gibran
Soal Presiden Boleh Memihak, Joko Widodo Diminta Segera Mundur
Presiden Joko Widodo Memberikan Sambutan di Depan Para Kepala Negara IPEF, Mengukuhkan Komitmen dalam Kerja Sama di Kawasan Indo-Pasifik
Artikel Terkini
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut
Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD
Kemendagri Dukung Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional Melalui Optimalisasi Kebijakan Fiskal Nasional
Kemendagri Dorong Percepatan Pemenuhan Sarana dan Prasarana Pemerintahan di 4 DOB Papua
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas