INDONEWS.ID

  • Selasa, 17/12/2019 19:45 WIB
  • Polri ikut bantu Palestina lewat kerjasama kepolisian

  • Oleh :
    • hendro
Polri ikut bantu Palestina lewat kerjasama kepolisian
Dubes RI untuk Yordania Andy Rachmianto mendampingi delegasi Polri diwakili Brigjen Krishna Murti juga berkesempatan bertemu dengan Direktur Urusan Pasukan Perdamaian, Kepolisian Yordania, Brigjen Ahmad Syakir.

Amman, INDONEWS.ID - Sebagai bentuk dukungan konkrit RI kepada Palestina, Polri menawarkan bantuan kerjasama teknis dalam bentuk pelatihan kepada Kepolisian Palestina. Tawaran tersebut disampaikan oleh delegasi Polri yang dipimpin Kadiv Hubinter, Irjenpol HS Maltha yang didampingi Dubes RI Amman, Andy Rachmianto, dan Karo Misinter, Brigjen Krishna Murti dalam pertemuan dengan Kepala Kepolisian Palestina, Mayjen Hazem Attallah, bertempat di Kedubes Palestina di Amman (17/12). 

Pertemuan ini merupakan tindaklanjut pertemuan sebelumnya antara Kapolri Jendral Tito Karnavian dengan Mayjen Hazem pada Mei 2018 lalu. Dalam pertemuan dibicarakan rencana  kerjasama antara kedua kepolisian, khususnya rencana bantuan pengembangan kapasitas bagi kepolisian Palestina serta kerja sama penanggulangan kejahatan transnational, antara lain terorisme, cyber crime dan penyalahgunaan narkoba. Kedua pihak juga membahas tentang penyiapan personel NCB Interpol Palestina, yang baru saja bergabung dengan organisasi kerjasama kepolisian tersebut dengan dukungan penuh Indonesia pada tahun 2017.

Baca juga : Polri Catat 254 Kecelakaan Selama Operasi Ketupat Lebaran 2024, 45 Orang Meninggal Dunia

Kedua belah pihak sepakat untuk segera merealisasikan kerjasama tersebut awal tahun 2020. Rencana kerjasama ini akan dituangkan dalam rancangan Nota Kesepahaman yang akan difinalisasi dalam waktu tidak terlalu lama.
Kerjasama ini akan dimulai dengan pengiriman beberapa personel kepolisian Palestina ke Indonesia untuk berlatih kemampuan taktis kepolisian serta pelatihan petugas NCB  Interpol Palestina. Polri juga akan mengundang Kepala Kepolisian Palestina untuk berkunjung ke Indonesia guna penandatanganan nota kesepahaman antara kedua belah pihak.

Bantuan ini bukan yang pertama kali diberikan oleh Polri.  Tahun 2016, 10 personel Kepolisian Palestina telah dilatih Polri untuk melakukan investigasi tindak pidana kejahatan siber.

Baca juga : KORPRI Minta TNI/POLRI yang Masuk ke Jabatan ASN Agar Diatur Ketat dalam PP Manajemen ASN

Dalam kunjungan ke Yordania ini, delegasi Polri diwakili Brigjen Krishna Murti juga berkesempatan bertemu dengan Direktur Urusan Pasukan Perdamaian, Kepolisian Yordania, Brigjen Ahmad Syakir. Pada pertemuan ini, kedua pihak menjajagi rencana kerjasama di bidang pelatihan pasukan pemeliharaan perdamaian PBB mengingat kedua negara adalah penyumbang pasukan PBB.

“Kunjungan delegasi Polri ini merupakan bentuk komitmen dan dukungan konkrit Indonesia kepada Palestina dan Yordania,” tegas Dubes Andy.

Baca juga : Perayaan Hari Suci Nyepi 2024, Kolaborasi Korps Brimob Polri dan Banjar Purna Widya dalam Mewujudkan Indonesia Jaya
Artikel Terkait
Polri Catat 254 Kecelakaan Selama Operasi Ketupat Lebaran 2024, 45 Orang Meninggal Dunia
KORPRI Minta TNI/POLRI yang Masuk ke Jabatan ASN Agar Diatur Ketat dalam PP Manajemen ASN
Perayaan Hari Suci Nyepi 2024, Kolaborasi Korps Brimob Polri dan Banjar Purna Widya dalam Mewujudkan Indonesia Jaya
Artikel Terkini
Jelang Musim Haji, MERS CoV di Arab Saudi Perlu Diwaspadai
PJ Bupati Maybrat Pantau Ujian Nasional 3 SD Terdalam di Aifat Utara
PNM Sosialisasikan Program Mekaar Pada Tokoh Masyarakat dan Pemuka Agama Serang
Pj Bupati Maybrat Hadiri Rapat Persiapan Penilaian Akreditasi Delapan Puskesmas
Peringatan Hari Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura ke-207
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas