INDONEWS.ID

  • Minggu, 05/04/2020 15:42 WIB
  • Cegah Masyarakat Mudik, Pemerintah Rencana Naikkan Harga Tiket Angkutan Umum

  • Oleh :
    • Mancik
Cegah Masyarakat Mudik, Pemerintah Rencana Naikkan Harga Tiket Angkutan Umum
Ilustrasi Kendaraan umum, Terminal Pulo Gebang.(Foto:Bisnis.com)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemerintah terus berusaha mencegah penyebaran virus coroana di tengah masyarakat. Salah satunya, meminta masyarakat untuk tidak mudik selama wabah Covid-19 berlangsung.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Ridwan Djamaluddin, menerangkan, pemerintah akan manaikkan harga tiket angkutan umum dalam rangka mencegah masyarakat mudik. Dengan demikian, penyebaran wabah corona dapat dihentikan.

Baca juga : Menko Airlangga: Indonesia Percepat Pembangunan Ekonomi Dengan Reformasi Struktural dan Tingkatkan Daya Saing

"Transportasi umum dan pribadi diperlukan untuk mengimplementasikan jaga jarak fisik. Seperti untuk kendaraan umum, menaikkan harga tiket angkutan umum. Misalnya, bus berkapasitas 50 hanya dapat menampung 25 orang, itu harga tiketnya dinaikkan," kata Ridwan dalam keterangan kepada media di Jakarta, Minggu,(5/04/2020)

Selain mengatur kendaraan umum,kata Ridwan,pemerintah juga akan mengatur jumlah penumpanng kendaraan pribadi. Pengaturan jumlah penumpang diambil, sebagai bentuk pelaksanaan kebijakan jaga jarak antar masyarakat.

Baca juga : Lembaga Pemeringkat Moodys Pertahankan Rating Kredit Indonesia sebagai Negara Layak Tujuan Investasi dengan Outlook Stabil

Ia menegaskan,sepeda motor tidak dijinkan membawa penumpang. Sementara, mobil pribadi hanya diberbolehkan membawa penumpang setengah dari kapasitas mobil.

"Semua tindakan ini akan diberlakukan secara ketat oleh polisi lalu lintas dan Kementerian Perhubungan," jelas Ridwan.

Baca juga : J&T Cargo Beri Penghargaan Best Service Otlet

Ridwan menambahkan, masyarakat yang terlanjur mudik, diharapkan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari sejak kedatangannya.

"Dengan langkah-langkah ini, jumlah orang yang kembali ke kampung halaman mereka tahun ini diperkirakan rendah," tutupnya.*

Artikel Terkait
Menko Airlangga: Indonesia Percepat Pembangunan Ekonomi Dengan Reformasi Struktural dan Tingkatkan Daya Saing
Lembaga Pemeringkat Moodys Pertahankan Rating Kredit Indonesia sebagai Negara Layak Tujuan Investasi dengan Outlook Stabil
J&T Cargo Beri Penghargaan Best Service Otlet
Artikel Terkini
Pj Bupati Maybrat Temukan Fakta Mengejutkan Saat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Utara
Pj Bupati Maybrat Sidak SMK Negeri Ayamaru, Minta Pengelola Terapkan SOP Soal Pengunaan Fasilitas Laboratorium
Perjalanan Epik Menuju Rumah: Pengalaman Seru dari Ranca Buaya hingga Cibubur
Kenal Pamit` Kadispenau, Sederhana namun Meriah
Inspeksi Mendadak Pj Bupati Maybrat Ungkap Kondisi Memprihatinkan di Kantor Distrik Aifat Utara
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas