INDONEWS.ID

  • Rabu, 09/09/2020 09:49 WIB
  • Indonesia Gagal Kendalikan Virus Corona?

  • Oleh :
    • very
Indonesia Gagal Kendalikan Virus Corona?
Peti Corona. (Foto: Ant)

Sydney, INDONEWS.ID -- Luhut Pandjaitan, Menteri Kemaritiman dan Investasi dan orang kepercayaan Presiden Indonesia, Joko Widodo, menyebutkan bahwa juice manggis herbal dapat menyembuhkan orang yang perpapar virus Corona.

Itulah usulan terbaru yang dilontarkan anggota kabinet Presiden Jokowi dalam enam bulan terakhir, mulai dari doa, nasi yang dibungkus dengan daun pisang hingga kalung kayu putih.

Baca juga : Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD

Seperti dikutip dari Reuters, solusi tersebut mencerminkan pendekatan yang tidak ilmiah untuk memerangi virus Corona di negara terpadat keempat dunia itu. Padahal sejauh ini, Indonesia memiliki tingkat pengujian terhadap pandemi termasuk yang terendah di dunia, juga pelacakan kontak minimal.

Indonesia secara resmi telah melaporkan 6.346 kematian akibat COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus Corona baru, jumlah korban keseluruhan tertinggi di Asia Tenggara. Termasuk orang yang meninggal dengan gejala COVID-19 akut tetapi tidak dites, angka kematiannya tiga kali lebih tinggi.

Baca juga : Kemendagri Dukung Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional Melalui Optimalisasi Kebijakan Fiskal Nasional

Banyak penduduk tidak menunjukkan tanda-tanda teriveksi virus. Sekarang virus ini memiliki penyebaran infeksi tercepat di Asia Timur, dengan 17% orang dinyatakan positif, meningkat hampir 25% di luar Ibu Kota, Jakarta. Angka di atas 5% berarti wabah tidak terkendali, menurut Organisasi Kesehatan Dunia.

“Virus ini sudah menyebar ke seluruh Indonesia.  Yang kami lakukan pada dasarnya adalah kekebalan kelompok orang, ”kata Prijo Sidipratomo, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Pengembangan Veteran Nasional, Jakarta. 

Baca juga : Kemendagri Dorong Percepatan Pemenuhan Sarana dan Prasarana Pemerintahan di 4 DOB Papua

“Jadi, kita harus menggali banyak, banyak kuburan,” ujarnya.

Kekebalan kelompok (herd immunity) menggambarkan skenario di mana sebagian besar populasi tertular virus dan kemudian kekebalannya meluas menghentikan penyebaran penyakit.

Juru bicara pemerintah Wiku Adisasmito tidak menanggapi pertanyaan rinci dari Reuters. Ia mengatakan angka penularan merupakan “peringatan bagi Indonesia untuk terus meningkatkan upaya penanganannya”, dan kasus positif per kapita di Indonesia lebih rendah dari kebanyakan negara. Kantor Presiden juga tidak menanggapi pertanyaan yang dikirim oleh Reuters.

Yang pasti, 144.945 infeksi yang dikonfirmasi di Indonesia dari populasi 270 juta jauh lebih sedikit daripada jutaan yang dilaporkan di Amerika Serikat, Brasil dan India, dan di bawah negara tetangga Filipina, yang memiliki kurang dari setengah populasi Indonesia. Tetapi skala sebenarnya dari wabah di Indonesia mungkin masih tersembunyi: India dan Filipina menguji empat kali lebih banyak per kapita, sementara Amerika Serikat menguji 30 kali lebih banyak.

Statistik dari Our World in Data, sebuah proyek penelitian nirlaba yang berbasis di Universitas Oxford, menunjukkan Indonesia berada di peringkat ke-83 dari 86 negara yang disurvei untuk keseluruhan tes per kapita.

“Kekhawatiran kami belum mencapai puncak, puncaknya bisa datang sekitar Oktober dan mungkin belum selesai tahun ini,” kata Iwan Ariawan, ahli epidemiologi dari Universitas Indonesia.  “Saat ini kami tidak dapat mengatakan bahwa itu terkendali,” tambahnya.

Pada awal pandemi, pemerintah Indonesia lambat merespons dan enggan mengungkapkan apa yang diketahuinya kepada publik, menurut lebih dari 20 pejabat pemerintah, manajer laboratorium uji, dan pakar kesehatan masyarakat yang berbicara kepada Reuters.

Meskipun kasus melonjak di negara-negara tetangga dan memiliki 3.000 alat uji reaksi berantai polimerase (PCR) - tes yang disetujui WHO untuk mendeteksi virus Corona - siap pada awal Februari, pemerintah mengatakan kurang dari 160 tes yang dilakukan pada 2 Maret.

 

Tidak Munculkan Kepanikan

Pada 13 Maret, Presiden Jokowi mengatakan bahwa pemerintah menahan informasi agar tidak "menimbulkan kepanikan". Selama dua minggu pertama pada Maret, pemerintah menyembunyikan setidaknya setengah dari infeksi harian yang disadari, dua orang yang memiliki akses ke data tersebut mengatakan kepada Reuters. Kedua orang tersebut mengatakan bahwa mereka kemudian dilarang melihat data mentah.

Seruan Presiden Jokowi untuk perluasan besar-besaran pengujian diagnostik itu,  telah merusak pengujian negara, menurut Alvin Lie, seorang komisaris Ombudsman, pengawas resmi pemerintah.

Studi ilmiah telah menunjukkan tes cepat, yang menguji sampel darah untuk antibodi, ternyata jauh kurang akurat daripada metode PCR, yang menguji penyeka dari hidung atau tenggorokan untuk mengetahui materi genetik.  Dorongan Presiden Jokowi untuk menggunakan pengujian yang kurang andal mengalihkan sumber daya dari pengujian PCR, kata tiga manajer lab kepada Reuters.

Lie mengatakan kepada Reuters bahwa importir tes cepat, termasuk perusahaan besar milik negara dan perusahaan swasta, memperoleh "keuntungan besar" dengan membebankan biaya kepada konsumen hingga 1 juta rupiah ($ 68), meskipun setiap tes hanya berharga 50.000 rupiah ($ 3,50). (*)

Artikel Terkait
Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD
Kemendagri Dukung Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional Melalui Optimalisasi Kebijakan Fiskal Nasional
Kemendagri Dorong Percepatan Pemenuhan Sarana dan Prasarana Pemerintahan di 4 DOB Papua
Artikel Terkini
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut
Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD
Kemendagri Dukung Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional Melalui Optimalisasi Kebijakan Fiskal Nasional
Kemendagri Dorong Percepatan Pemenuhan Sarana dan Prasarana Pemerintahan di 4 DOB Papua
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas