INDONEWS.ID

  • Senin, 19/10/2020 15:30 WIB
  • Ada Libur Panjang Akhir Oktober, Jokowi Ingatkan Potensi Penularan Covid-19

  • Oleh :
    • Mancik
Ada Libur Panjang Akhir Oktober, Jokowi Ingatkan Potensi Penularan Covid-19
Presiden Joko Widodo.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo mengingatkan potensi penularan Covid-19 pada saat libur panjang akhir Oktober mendatang. Biasanya, masyarakat mengisi liburan dengan aktivitas keluar kota sehingga berpotensi menularkan Covid-19.

Dalam kesempatan rapat terbatas di Istana Negara, Jokowi mengisahkan, liburan sering kali menjadi penyebab naiknya angka positif Covid-19 di Indonesia. Hal ini terjadi karena ada kegiatan kerumunan yang memudahkan virus berpindah dari satu orang ke orang lain.

Baca juga : Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi, Presiden Jokowi Didampingi Menteri Basuki Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa

"Kita memiliki pengalaman kemarin libur panjang, pada satu setengah bulan yang lalu mungkin. Setelah itu terjadi kenaikan yang agak tinggi. Oleh sebab itu, ini perlu kita bicarakan agar kegiatan libur panjang dan cuti bersama ini jangan sampai berdampak pada kenaikan kasus Covid," kata Jokowi sebagaimana dilansir dalam setneg.go.id, Jakarta, Senin, (19/10/2020)

Pada kesempatan tersebut, Jokowi meminta momentum liburan panjang akhir Oktober sedapat mungkin menekan laju kenaikkan kasus Covid-19 di Indonesia. Masyarakat mesti menjaga diri masing-masing dengan melaksanakan protokol kesehatan sesuai dengan himbauan pemerintah.

Baca juga : Jokowi Lantik Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN Rabu, Beredar Nama Hadi Tjahjanto dan AHY

Mantan walikota Solo ini pun menjelaskan, saat ini, perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia telah memberikan tanda-tanda cukup baik. Hal ini terlihat dari kasus aktif yang semakin hari terus menurun.

Menurunnya kasus harian tersebut, kata Jokowi harus sejalan dengan upaya pencegahan. Baik pemerintah maupun masyarakat mesti memiliki kesadaran bersama dalam menjaga pola hidup setiap hari terutama dalam mematuhi proktokol kesehatan.

Baca juga : Tanggapi Hasil Hitung Cepat Pemilu, Presiden Jokowi: Sabar, Tunggu Hasil Resmi dari KPU

Jokowi juga menyampaikan, angka kesembuhan pasien Covid-19 terus mengalami perbaikan.Karena itu, ia mengajak masyarakat untuk mendukung upaya pemerintah dalam setiap upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 di Indonesia.

"Kemudian rata-rata kesembuhan di Indonesia 78,84 persen. Ini juga lebih tinggi dari rata-rata kesembuhan dunia yang 74,67 persen," tutupnya.*

 

Artikel Terkait
Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi, Presiden Jokowi Didampingi Menteri Basuki Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa
Jokowi Lantik Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN Rabu, Beredar Nama Hadi Tjahjanto dan AHY
Tanggapi Hasil Hitung Cepat Pemilu, Presiden Jokowi: Sabar, Tunggu Hasil Resmi dari KPU
Artikel Terkini
Antisipasi Kebijakan Ekonomi dan Politik dalam Perang Iran -Israel
Berangkatkan Lebih dari 10 Ribu Penumpang, Mudik Gratis di Sumut Berhasil Tekan Penggunaan Sepeda Motor
Pimpinan PNM Tegaskan Program Mekaar Solusi bagi Perempuan Indonesia
Kisah Sukses Dewi, Nasabah PNM Kembangkan Bisnis Minuman Kesehatan
Modal Pinjam PNM Mekaar, Dewi Lambungkan Bisnis Minuman Kesehatan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas