INDONEWS.ID

  • Kamis, 24/12/2020 13:33 WIB
  • Karantina Pertanian Merauke Gagalkan Pengiriman Satwa Liar Melalui Jasa Pengiriman

  • Oleh :
    • Mancik
Karantina Pertanian Merauke Gagalkan Pengiriman Satwa Liar Melalui Jasa Pengiriman
Karantina Pertanian Merauke dan petugas Avsec Bandara Mopah serta BKSDA Merauke berhasil menggagalkan rencana pengiriman satwa liar melalui jasa ekspedisi.(Foto:Ist)

Merauke, INDONEWS.ID - Sinergitas Karantina Pertanian Merauke dan petugas Avsec Bandara Mopah serta BKSDA Merauke berhasil menggagalkan rencana pengiriman satwa liar melalui jasa ekspedisi.

Saat melewati mensin ×-ray, petugas mencurigai adanya paket boks dengan keterangan barang miniatur. Ketika dibuka, ternyata didapatkan satu ekor ular sanca hijau dan satu ekor biawak lapang.

Fatalnya, kedua jenis media pembawa tersebut tidak disertai dengan dokumen karantina dan dokumen lainnya yang dipersyaratkan. Terlebih lagi tidak dilaporkan kepada pejabat Karantina. Tentunya melanggar UU No. 21 Tahun 2019 Tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan.

Koordinator Pengawasan dan Penindakan Karantina Pertanian Merauke, Irianca Jalil, selanjutnya memanggil perwakilan jasa ekspedisi dan pemilik barang untuk dimintai keterangan pada (23/12/2020).

"Paket tersebut sudah ditahan, selanjutnya dilakukan serah terima terhadap kedua satwa liar tersebut kepada BKSDA Merauke untuk dilakukan tindakan selanjutnya" kata Irianca Jalil.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Karantina Pertanian Merauke, Sudirman meminta kepada seluruh masyarakat untuk lapor Karantina ketika ingin melalulintaskan hewan maupun tumbuhan.

"Dukung Karantina Pertanian Merauke dalam mencegah satwa liar dilindungi untuk dilalulintaskan" ungkapnya,".*

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Menteri Harus Mampu Membaca Tanda-tanda Zaman untuk Menggerakan Semangat Indonesia
MRP Desak Presiden Jokowi Pastikan Cakada 2024 Se-Tanah Papua Diisi Orang Asli Papua (OAP)
Wawancara Khusus Prof Dr H Yulius SH MH Ketua Kamar TUN Mahkamah Agung Tentang BLBI
Efferty Susu Kambing Malaysia, Solusi bagi Pasutri yang ingin Keturunan
Didik J Rachbini: Gagasan Menyatukan Anies dan Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Baik dan Berani
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas