INDONEWS.ID

  • Minggu, 27/12/2020 20:30 WIB
  • Kado Akhir Tahun, Pemprov Jabar Bagikan Bansos Tahap IV

  • Oleh :
    • Ronald
Kado Akhir Tahun, Pemprov Jabar Bagikan Bansos Tahap IV
Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jabar Dodo Suhendar mengatakan, ada sejumlah penyesuaian dalam bansos tahap IV. (Foto : Ilustrasi)

Bandung, INDONEWS.ID - Pemerintah Provinsi Jawa Barat tahap IV sudah mulai didistribusikan  Bantuan Sosial (Bansos) kepada 1.903.383 Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jabar Dodo Suhendar mengatakan, ada sejumlah penyesuaian dalam bansos tahap IV. Salah satunya besaran nilai bansos menjadi Rp100.000 dalam bentuk uang tunai. 

Baca juga : PT MAI Kembali Serahkan Bansos untuk Warga Terdampak Covid-19 di Tiga Desa

"Pendistribusian bansos berlangsung pada Rabu (23/12) sampai Rabu (30/12). Dengan keterlibatan perbankan, diharapkan dapat mempercepat pendistribusian bansos kepada masyarakat," kata Dodo melalui siaran pers yang diterima, Minggu (27/12).

Selain itu, pihak kelurahan/desa hingga Ketua Rukun Warga (RW) ikut terlibat dalam mempercepat proses distribusi dengan cara datang langsung ke rumah warga atau melakukan pembagian secara terpusat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga : Bantu Korban Banjir, Alumni Nyarumkop Jabodetabek Serahkan Bansos Melalui Lantamal XII

Selain itu, disampaikan Dodo, pada penyaluran kali ini pihaknya bekerjasama dengan sejumlah intansi, seperti PT Pos, Bank BJB dan Bank Mandiri.

Terkait dengan lingkup kerjanya, Dodo menyebut setiap instansi memiliki wilayah kerjanya masing-masing yang juga dibantu oleh aparat desa dan petugas kepolisian.

Baca juga : BPKP Jambi Gelar FGD Bahas Program Jaring Pengaman Sosial Penanganan Covid-19

“Kalau PT Pos seluruh kabupaten/kota ada, bank BJB itu hampir semua ada, kalau mandiri itu di wilayah Ciamis. Jadi di satu wilayah Kabupaten itu bisa terjadi oleh dua penyalur. Bisa PT Pos bisa BJB, meski dalam satu kabupaten beda kecamatan. Tapi untuk daerah tertentu itu oleh PT Pos semua,” tutupnya.

Dodo optimistis bantuan ini akan tepat sasaran. Pemda Provinsi Jabar pun intens berkoordinasi dengan sejumlah pihak dalam mendata penerima bansos. Salah satunya dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Optimisme itu didasarkan pada persentase berhasil serah bansos tahap III yang nyaris 100 persen. Dari 1,9 juta KRTS penerima bansos, hanya sekitar 5.580 paket atau 0,3 persen yang gagal serah.

"Meski belum sempurna, data sudah sangat akurat. Ini merupakan keberhasilan Pemda Provinsi Jabar. Mudah-mudahan pendistribusian tahap IV berhasil 100 persen," tandasnya. (rnl)

Artikel Terkait
PT MAI Kembali Serahkan Bansos untuk Warga Terdampak Covid-19 di Tiga Desa
Bantu Korban Banjir, Alumni Nyarumkop Jabodetabek Serahkan Bansos Melalui Lantamal XII
BPKP Jambi Gelar FGD Bahas Program Jaring Pengaman Sosial Penanganan Covid-19
Artikel Terkini
Siswa SMK Tamansiswa 2 Jakarta Berhasil Ciptakan Mobil dan Motor Listrik
Beragam Momentum Perayaan Hari Ulang Tahun ke-66 Tahun Pemred Asri Hadi
Didik J Rachbini: Salim Said Maestro Intelektual yang Paling Detail dan Mendalam
Penyumbang Devisa Negara, Pemerintah Harus Belajar dari Drama Korea
Bupati Tanahdatar buka Grand Opening Sakato Aesthetic
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas