INDONEWS.ID

  • Minggu, 14/02/2021 16:53 WIB
  • Jokowi : Bendungan Tukul Punya Peran Penting Untuk Pertanian

  • Oleh :
    • Ronald
Jokowi : Bendungan Tukul Punya Peran Penting Untuk Pertanian
Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat meninjau Bendungan Tukul di Pacitan, Jawa Timur pada Minggu 914/2). (Foto : Biro Pers Setneg)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) meresmikan Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Minggu (14/2/2021).

Dikutip dari keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Minggu (14/2) Jokowi bersama rombongan terbatas bertolak ke Pacitan dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma pagi ini.

Baca juga : Pj Bupati Maybrat Bahas Pengembangan Pertanian dengan Direktur Pembiayaan Pertanian, Kementerian Pertanian

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, Bendungan Tukul memiliki peran yang sangat penting untuk beberapa hal. Antara lain untuk pengendalian banjir, mengairi sawah, air irigasi, dan penyediaan air baku.

"Di sini nanti kurang lebih 300 liter per detik, tentu saja ini adalah untuk warganya Bupati Pacitan dengan kapasitas tampung 8,7 juta meter kubik," ujar Jokowi.

Baca juga : Ceritakan Kreativitas Nasabah PNM Mekaar, Jokowi Puji Kerupuk "Mama Muda"

Selain itu, kata dia, Bendungan Tukul juga bisa memberi manfaat besar lainnya, yakni mengairi 600 hektare sawah. Dengan demikian, maka hal tersebut akan meningkatkan indeks pertanaman.

"Dari satu kali pertanaman, satu kali tanam padi dan satu kali tanam palawija, menjadi dua kali tanam padi dan satu kali tanam palawija. Insya Allah ini nanti sudah bisa dilihat dan dilakukan," kata dia.

Baca juga : Presiden Jokowi Bertemu Ribuan Nasabah Mekaar di Makassar

Jokowi pun menaruh harapan, dengan adanya Bendungan Tukul di Pacitan, maka pemerintah provinsi Jawa Timur dan pemerintah Kabupaten Pacitan bisa memanfaatkan keberadaan infrastruktur tersebut untuk kepentingan luas.

"Saya harapkan, dengan berfungsinya bendungan ini di Pacitan akan menjadi infrastruktur penting (untuk) memperkuat ketahanan pangan dan memperkuat ketahanan air. Saya minta pemprov dan pemkab betul-betul memanfaatkan infrastruktur ini dengan sebaik-baiknya, sehingga memberi nilai tambah bagi daerah, memberi keuntungan bagi masyarakat, meningkatkan produksi pertanian bagi daerah, dan memudahkan penyediaan air bersih bagi daerah," tandas Jokowi. (rnl)

Artikel Terkait
Pj Bupati Maybrat Bahas Pengembangan Pertanian dengan Direktur Pembiayaan Pertanian, Kementerian Pertanian
Ceritakan Kreativitas Nasabah PNM Mekaar, Jokowi Puji Kerupuk "Mama Muda"
Presiden Jokowi Bertemu Ribuan Nasabah Mekaar di Makassar
Artikel Terkini
Awarding Innovillage: Wujud Nyata Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri dalam Membangkitkan Talenta Digital Masa Depan
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas