INDONEWS.ID

  • Minggu, 28/03/2021 08:59 WIB
  • Jelang Hari Film Nasional, FFJ Inisiasi Wadah Komunitas Film Jambi

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Jelang Hari Film Nasional, FFJ Inisiasi Wadah Komunitas Film Jambi
Merupakan salah satu hari besar di Indonesia, akan diperingati akhir bulan ini, Hari Film Nasional. Ini menjadi momen Forum Film Jambi (FFJ) gagas sebuah bioskop komunitas.

Jambi, INDONEWS.ID - Merupakan salah satu hari besar di Indonesia, akan diperingati akhir bulan ini, Hari Film Nasional. Ini menjadi momen Forum Film Jambi (FFJ) gagas sebuah bioskop komunitas.

Hari Film Nasional ini merupakan salah satu moment penting untuk FFJ, sehingga akan dipersiapkan secara matang oleh komunitas itu.

"Jadi posisi sekarang yang pertama kita ngomong dulu ke Disbudpar. Untuk dibantu memfasilitasi dan meminjam mobil bioskop sama konsumsinya. Dan juga penghubung koneksi dengan pihak-pihak lain," Anton Oktavianto, Ketua FFJ kepada Indonews.id Jumat (27/03/21).

Ia juga menjelaskan langkah selanjutnya yang dilakukan setelah proses pertama yang dilalui adalah mengumpulkan semua komunitas yang ada.

"Dan yang kedua itu, ngumpulin semua komunitas Film. Jadi terrbentuklah jejaring nanti, yang dinamakan Jambi Film Comunity Network (JFCN)," ujar Anton.

Dalam acara peringatan hari besar tersebut, akan hadir Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar). Lalu diundang pula Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi.

"Ada Telkomsel juga nanti, membantu sosialisasi untuk kontent," katanya.

Anton juga menyampaikan bahwa mereka tengah mempersiapkan sebuah wadah untuk para pembuat film untuk menyalurkan hasil karya mereka dengan mencanangkan Bioskop komunitas, seperti yang telah ada di daerah luar Jambi lainnya.

"Sambil memperingati hari film, kita diskusi. Kayak mana, kita mau ajukan bioskop komunitas. Untuk membuat ini, tentunya kita harus bersatu," tegasnya.

Diketahui bahwa pembentukan Bioskop Komunitas ini bertujuan untuk menambah perekonomian komunitas film di daerah. Ada 18 komunitas film yang tersebar di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.

"Ini merupakan panggungnya untuk anak-anak film. Dan juga, kita kan butuh panggung untuk rakyat bawah," tukasnya.

Tentu saja, bukan perkara mudah untuk diraih oleh FFJ ini. Anton dan rekan- rekannya sangat berantusias agar terwujudnya keinginan para komunitas tersebut.

"Yang penting sekarang kita berjuang. Urusan berhasil atau gak, itu belakangan," tutup pria jebolan ISI Jogya.

Peringatan Hari Film Nasional ini akan digelar oleh FFJ di Taman Budaya, pada Selasa (30/03) jam 19.00 Wib. Dengan rangkaian acara diskusi, sosialisasi dan promosi, screening atau nonton bersama, serta konsorsium.*(Erwin Majam)

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Pos Mahen Satgas Yonif 742/SWY Ajari Murid SDN Baudaok Cara Mengolah Sampah Plastik
Indonesia-Kazakhstan untuk Rampungkan Perjanjian Promosi dan Perlindungan Investasi
Prof Dr H Yulius SH MH Ketua Kamar TUN Mahkamah Agung Diwawancara Ekslusif Majalah MATRA
Dorong Ekonomi Nasional Lebih Transformatif, Menko Airlangga Jalin Kerja Sama Global
PLBN Motamasin Terima Kunjungan Konsulat Timor Leste, Bahas Isu Keimigrasian Antarnegara
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas