INDONEWS.ID

  • Jum'at, 02/04/2021 12:03 WIB
  • Sekitar 80 Rumah dan Sarana Ibadah Rusak Akibat Angin Kencang

  • Oleh :
    • luska
Sekitar 80 Rumah dan Sarana Ibadah Rusak Akibat Angin Kencang

Tanahdatar, INDONEWS.ID --Sekitar  80 bangunan rumah, tempat ibadah maupun sarana lain mengalami kerusakan akibat angin Kencang yang terjadi di Tanah Datar sejak malam sampai jelang subuh.

Akibat angin kencang itu banyak rumah masyarakat terutama atap yang lepas atau bahkan tertimpa pepohonan. menyebabkan kerusakan di beberapa tempat termasuk di Kabupaten Tanah Datar.

Baca juga : Empat Jenazah korban banjir Bandang Batang Anai Dishalatkan

Hal itu dibenarkan  Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian seusai langsung meninjau beberapa lokasi yang terkena bencana di antaranya Jorong Sijangek Nagari Simpuruik Kecamatan Sungai Tarab dan Nagari Supayang Kecamatan Salimpaung, 

“Atas nama pemerintah daerah, kita menyampaikan turut berduka atas musibah ini, semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua dan sebagai bentuk kepedulian, ada bantuan awal dari pemerintah daerah dan Baznas berupa sembako,” ungkap Richi saat menyerahkan bantuan kepada Syahrial pemilik rumah di Jorong Sijangek Nagari Simpuruik Kecamatan Sungai Tarab.

Baca juga : Akibat Banjir Bandang Di Tanah Datar, 8 warga Tewas dan 12 Orang Masih dinyatakan hilang

Richi juga menyebutkan informasi BMKG kondisi angin kencang diperkirakan berlangsung hingga pertengahan bulan April.

“Mari kita tingkatkan kewaspadaan, mengingat kondisi alam yang tidak menentu saat ini terutama angin kencang yang bisa mendatangkan kerugian bahkan bisa mengancam jiwa,”

Baca juga : Tiga Penyuluh Agama Islam Tanahdatar Mewakili Provinsi Sumatera Barat ke Tingkat Nasional

Wabup juga menyampaikan terima kasih kepada petugas, relawan, satgas nagari bersama masyarakat yang sudah bersama-sama saling bahu membahu membantu warga yang tertimpa musibah maupun membersihkan jalur lalu lintas yang terhalang akibat tumbangnya pohon.

Wabup Richi menyebutkan pemerintah daerah bersama Baznas akan memberi bantuan kepada warga yang tertimpa musibah. “Sampai malam ini, tim masih bekerja di lapangan baik membantu membersihkan jalan, rumah warga maupun mendata kerusakan dengan harapan jika datanya lengkap bantuan bisa segera disalurkan secara merata,” 

Ketua Baznas Yasmansyah mengatakan Baznas siap mendukung pemerintah daerah dalam membantu masyarakat. “Baznas saat ini punya program Baznas Tanggap Bencana, meringankan beban warga yang terkena musibah bencana alam,” 

Sementara Ketua DPRD Rony Mulyadi Dt Bungsu berharap masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam. “Agar pemerintah daerah melalui dinas terkait meningkatkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk waspada terhadap berbagai potensi bencana alam,” sampainya.

Untuk bantuan rehab rumah, sebut Rony, DPRD mendukung penuh pemanfaatan anggaran yang ada.

Kunjungan wabub juga didampingi anggota DPRD Surva Hutri, Plh. Sekda Edi Susanto, Kalaksa BPBD Thamrin, Kadis Sosial Yuhardi, Kadis Perkim LH Dessy Trikorina, Kadis PU Novi Hendri, Camat Sungai Tarab Afrizal dan Camat Salimpaung Abramis Yuzi.(M.Datuk)

Artikel Terkait
Empat Jenazah korban banjir Bandang Batang Anai Dishalatkan
Akibat Banjir Bandang Di Tanah Datar, 8 warga Tewas dan 12 Orang Masih dinyatakan hilang
Tiga Penyuluh Agama Islam Tanahdatar Mewakili Provinsi Sumatera Barat ke Tingkat Nasional
Artikel Terkini
Tidak Simpang Siur, Pemerintah Diminta Jelaskan Penerapan KRIS Secara Komprehensif
Menko Airlangga dan Dubes Lee Sang Deok Bahas Penguatan Kerja Sama Hingga Rencana Kunjungan Kerja ke Korea Selatan
PTPN IV Regional 4 Sebar 900 Paket Sembako di Sumbar dan Jambi
Pj Bupati Maybrat Lakukan Kunjungan ke SMPN 2 Aifat
Sari Ater Bangun Cable Car Perkuat Daya Tarik Wisatawan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas