INDONEWS.ID

  • Sabtu, 12/06/2021 08:35 WIB
  • Euro 2020: Gilas Turki di Laga Pembuka, Italia Langsung Bikin Sejarah

  • Oleh :
    • luska
Euro 2020: Gilas Turki di Laga Pembuka, Italia Langsung Bikin Sejarah
Immobile (kiri) menyumbang satu dari tiga gol Italia vs Turki di laga pembuka Euro 2020 (Foto: Reuters via Dailymail)

Oleh : Hanif Rusli

Jakarta, INDONEWS.ID - Disaksikan 16 ribu penonton di Stadio Olimpico, Roma, Italia membuka laga perdana Euro 2020 yang tertunda setahun akibat pandemi virus corona dengan kemenangan telak 3-0 atas Turki pada Jumat (11/6) malam atau Sabtu dinihari WIB. Lebih dari itu, pasukan Roberto Mancini juga mengukir sejarah, yakni pertama kalinya Azzurri mencetak tiga gol dalam satu pertandingan di putaran final Piala Eropa.

Baca juga : Kenapa Italia yang Menang di Final Piala Eropa

Di hadapan pendukungnya sendiri, Italia tampil dominan atas Turki yang tidak diperkuat Cenk Tosun, topskor mereka di babak kualifikasi, yang absen dari turnamen ini akibat cedera lutut. Italia mendominasi babak pertama, tetapi gagal menghasilkan gol. Hanya sundulan Giorgio Chiellini yang sempat mengancam gawang Turki, namun masih dihalau secara gemilang oleh kiper Ugurcan Cakir.

Upaya Azzurri yang melakukan total 24 tendangan ke gawang akhirnya membuahkan hasil di babak kedua. Pada menit ke-53, Merih Demiral membuat gol bunuh diri saat berusaha mengadang umpan silang Domenico Berardi. Pada menit ke-66, Ciro Immobile menggandakan skor, memanfaatkan bola muntah hasil sepakan Leonardo Spinazzola. Lorenzo Insigne menutup kemenangan Azzurri pada menit ke-79 setelah menerima assist dari Immobile. Spinazzola terpilih sebagai Star of the Match di laga ini.

Baca juga : Unggul Torehan Assist, Ronaldo Sabet Sepatu Emas Sebagai Top Skor Euro 2020

Dengan kemenangan ini, Italia sementara memimpin Grup A dengan tiga poin. Juga memperpanjang rekor tak terkalahkan sejak September 2018 menjadi 28 pertandingan. Di partai Grup A selanjutnya, Turki akan menghadapi Wales di Olympic Stadium, Baku (Azerbaijan) pada Rabu (16/6) pukul 23.00 WIB, sementara Italia akan meladeni Swiss di Stadio Olimpico pada Kamis (17/6) pukul 02.00 WIB.

Euro 2020 dibuka dengan pertunjukan kembang api spekatakuler dan penampilan penyanyi opera tenor Andrea Bocelli yang melantunkan lagu Nessun Dorma. Ada pula duo kampiun Piala Dunia, Francesco Totti dan Alessandro Nesta, yang menendang bola ke tribun penonton. Penampilan seniman trapeze juga memukau penonton. Pertunjukan prapertandingan pun ditutup dengan sebuah bola yang dibawa ke dalam lapangan dengan sebuah mobil remote control.

Baca juga : Hasil Final EURO 2020: Italia Raih Mahkota Kemenangan Berkat Adu Penalti

-

Artikel Terkait
Kenapa Italia yang Menang di Final Piala Eropa
Unggul Torehan Assist, Ronaldo Sabet Sepatu Emas Sebagai Top Skor Euro 2020
Hasil Final EURO 2020: Italia Raih Mahkota Kemenangan Berkat Adu Penalti
Artikel Terkini
Visiting Professor Pandemi: Dunia Harus Siap
Kemendagri Sosialisasikan UU Nomor 3 Tahun 2024 tentang Desa
Mendagri Tegaskan Musrenbangnas sebagai Wadah Sinkronisasi Perencanaan Pembangunan Pemerintah Pusat dan Daerah
Masa Depan Pendidikan Era Digital, Tingkatkan Literasi dan Manfaatkan Teknologi
Wakil Kanselir Jerman Puji Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Salah Satu Tertinggi di Kawasan Asia Tenggara
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas