INDONEWS.ID

  • Minggu, 13/06/2021 16:15 WIB
  • Preview Euro 2020: Data Dan Fakta Menarik Jelang Austria vs Makedonia Utara

  • Oleh :
    • luska
Preview Euro 2020: Data Dan Fakta Menarik Jelang Austria vs Makedonia Utara
Marko Arnautovic dari Austria (kiri) dan Eljif Elmas dari Makedonia Utara (Foto: Istimewa)

Oleh : Hanif Rusli (penulis buku biografi "Zizou" dan pengamat bola)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pada Sabtu (13/6) sore waktu setempat atau Sabtu pukul 23.00 WIB, Austria akan meladeni Makedonia Utara di Arena Nationala, Bucharest (Rumania) dalam laga pertama Grup C Euro 2020. Berikut ini adalah data dan fakta menarik jelang pertandingan tersebut:

Baca juga : Preview Euro 2020: Data Dan Fakta Menarik Jelang Laga Grup F Prancis vs Jerman

Ini merupakan pertemuan pertama antara Austria dan Makedonia Utara dalam sebuah turnamen besar. Mereka hanya pernah berjumpa dua kali sebelumnya, yakni saat babak kualifikasi Euro 2020. Austria memenangi keduanya, 4-1 saat bertandang dan 2-1 di kandang sendiri. 

Austria belum pernah mencapai babak gugur atau bahkan memenangi satu pertandingan pun di putaran final Piala Eropa (2 kali seri, 4 kali kalah). Tidak ada tim yang memainkan lebih banyak pertandingan di turnamen ini (6 partai) tanpa pernah menang sekali pun.

Baca juga : Preview Euro 2020: Data Dan Fakta Menarik Jelang Laga Grup F Hungaria vs Portugal

Austria hanya menang sekali dalam 15 pertandingan terakhir mereka di turnamen-turnamen besar (5 kali seri, 9 kali kalah, baik di putaran final Piala Dunia maupun Piala Eropa). Satu-satunya kemenangan adalah versus AS di penyisihan grup Piala Dunia 1990 (skor 2-1).

Austria hanya mencetak dua gol dalam enam partai mereka di putaran final Piala Eropa; salah satunya dari titik putih (Ivica Vastic vs Polandia, Euro 2008). Mereka tak pernah sekali pun unggul gol dalam keenam laga tersebut.

Baca juga : Preview Euro 2020: Data Dan Fakta Menarik Jelang Belanda vs Ukraina

Austria terakhir kali mencapai babak gugur sebuah turnamen besar pada Piala Dunia 1954, menduduki peringkat ketiga di akhir turnamen. Dalam 15 partai terakhir mereka di turnamen besar, mereka hanya menang sekali (2-1 vs AS, Piala Dunia 1990) dan mencatat sekali clean sheet alias tak kebobolan (0-0 vs Portugal, Euro 2016).

Pemain depan Austria Marko Arnautovic terlibat langsung dalam tujuh gol di delapan penampilannya selama kualifikasi Euro 2020 (enam gol, satu assist)

Termasuk babak play-off, Makedonia Utara memenangi setiap dari tiga pertandingan terakhir mereka di kualifikasi Euro 2020, sama banyaknya dengan yang mereka menangkan dalam sembilan partai kualifikasi terdahulu sebelum ini (2 kali seri, 4 kali kalah).

Rata-rata 1,25 gol per pertandingan yang dibuat Makedonia Utara selama kualifikasi Euro 2020 (15 gol dalam 12 pertandingan) menyamai rata-rata gol terendah oleh sebuah tim yang lolos ke putaran final Piala Eropa (berbagi rekor dengan Wales).

Termasuk babak play-off, Eljif Elmas terlibat langsung dalam lebih banyak gol selama kualifikasi Euro 2020 daripada pemain Makedonia Utara lainnya (lima, empat gol, satu assist).

Artikel Terkait
Preview Euro 2020: Data Dan Fakta Menarik Jelang Laga Grup F Prancis vs Jerman
Preview Euro 2020: Data Dan Fakta Menarik Jelang Laga Grup F Hungaria vs Portugal
Preview Euro 2020: Data Dan Fakta Menarik Jelang Belanda vs Ukraina
Artikel Terkini
Kemendagri Tekankan Peran Penting Sekretaris DPRD Jaga Hubungan Harmonis Legislatif dengan Kepala Daerah
LPER Dilibatkan BNPT Berikan Kuliah Umum Kepada Peserta Didik di Penajam, dan Kutai Kertanegara, Kaltim
Pemprov Papua Barat Daya Serahkan Bantuan Mobil Angkutan Umum untuk Pedagang Mama Papua di Maybrat
Rapat Koordinasi Nasional Bahas Netralitas ASN dalam Pilkada Serentak 2024
Evaluasi Penanganan Pengungsi di Maybrat Menunjukkan Kemajuan Signifikan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas