Preview Euro 2020: Data Dan Fakta Menarik Jelang Belanda vs Ukraina

Oleh : Rikard Djegadut - Minggu, 13/06/2021 17:29 WIB

Foto: Memphis Depay dari Belanda (kiri) dan Roman Yaremchuk dari Ukraina (Foto: Istimewa)

Oleh : Hanif Rusli (penulis buku biografi "Zizou" dan pengamat bola)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pada Sabtu (13/6) malam waktu setempat atau Minggu pukul 02.00 WIB, Belanda akan meladeni Ukraina di Johan Cruyff Arena, Amsterdam (Belanda) dalam laga pertama kedua tim di Grup D Euro 2020. Berikut ini adalah data dan fakta menarik jelang pertandingan tersebut:

Ini merupakan pertemuan pertama antara Belanda dan Ukraina di sebuah turnamen besar.

Belanda tidak terkalahkan dalam dua pertemuan sebelumnya, kedua-keduanya partai persahabatan, yakni menang 3-0 pada 2008 dan seri 1-1 pada 2010.

Ini akan menjadi pertandingan pertama bagi Belanda di Johan Cruyff Arena dalam sebuah turnamen besar sejak partai semifinal di Euro 2000 menghadapi Italia.

Sejak Euro 1988, Belanda sukses mencapai empat semifinal Piala Eropa, rekor yang hanya mampu diungguli oleh Jerman (enam kali).

Belanda hanya meraih hasil imbang sebanyak dua kali dalam 22 pertandingan terakhir mereka di turnamen-turnamen besar.

Kekalahan 0-1 dari Denmark pada Euro 2012 merupakan satu-satunya kekalahan Belanda dalam 12 partai pembuka terakhir mereka di turnamen-turnamen besar.

Ukraina gagal mencapai babak gugur dalam dua penampilan mereka sebelumnya di putaran final Piala Eropa.

Ukraina memenangi partai pertama mereka versus Swedia pada Euro 2012, tetapi kalah dalam semua lima pertandingan setelah itu. Hanya Yugoslavia, dengan enam kekalahan antara 1968 dan 1984, yang memiliki rekor kekalahan lebih panjang di turnamen ini.

Rentetan tidak mencetak gol dalam lima pertandingan beruntun yang dicatat Ukraina di putaran final Piala Eropa menjadi rekor dalam sejarah turnamen ini.*

Artikel Terkait