INDONEWS.ID

  • Minggu, 13/06/2021 17:22 WIB
  • Preview Euro 2020: Data Dan Fakta Menarik Jelang Inggris vs Kroasia

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Preview Euro 2020: Data Dan Fakta Menarik Jelang Inggris vs Kroasia
Foto: Harry Kane dari Inggris (kiri) dan Ivan Perisic dari Kroasia (Foto: Istimewa)

Oleh : Hanif Rusli (penulis buku biografi "Zizou" dan pengamat bola)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pada Sabtu (13/6) siang waktu setempat atau Sabtu malam pukul 20.00 WIB, Inggris akan meladeni Kroasia di Wembley Stadium, London (Inggris) dalam laga pertama Grup D Euro 2020. Berikut ini adalah data dan fakta menarik jelang pertandingan tersebut:

Baca juga : Preview Euro 2020: Data Dan Fakta Menarik Jelang Laga Grup F Prancis vs Jerman

Ini merupakan pertemuan ketiga antara Inggris dan Kroasia dalam sebuah turnamen besar (baik putaran final Piala Dunia maupun Piala Eropa).

Tim Tiga Singa mengalahkan Kroasia dengan skor 4-2 di penyisihan grup Euro 2004, sementara Kroasia menang 2-1 setelah perpanjangan waktu di babak semifinal Piala Dunia 2018.

Baca juga : Preview Euro 2020: Data Dan Fakta Menarik Jelang Laga Grup F Hungaria vs Portugal

Inggris ikut serta dalam putaran final Piala Eropa ke-10 mereka. Tidak ada tim yang memainkan pertandingan sama banyaknya di turnamen ini tanpa pernah mencapai babak final (31 pertandingan, 0 final)

Tim Tiga Singa tidak pernah kalah di Wembley dalam sebuah turnamen besar (Piala Dunia 1996, Euro 1996), menang tujuh kali dan seri empat kali dalam 11 pertandingan mereka sebelumnya (tidak termasuk adu penalti).

Baca juga : Preview Euro 2020: Data Dan Fakta Menarik Jelang Belanda vs Ukraina

Inggris tidak pernah memenangkan laga pembuka mereka dalam sebuah putaran final Piala Eropa (5 kali seri dan 4 kali kalah).

Pelatih Gareth Southgate akan menukangi Inggris dalam turnamen besar kedua (tidak termasuk Nations League) setelah Piala Dunia 2018 (peringkat ke-4).

Di Euro 1996, dia merupakan satu dari tiga pemain Inggris yang bermain dalam semua 510 menit, bersama David Seaman dan Tony Adams. Dia gagal mengeksekusi penalti dalam adu penalti versus Jerman di babak semifinal.

Kroasia ikut serta dalam putaran final Piala Eropa ke-6 mereka, dan yang kelima secara berturut-turut.

Dengan mengecualikan adu penalti, Kroasia hanya pernah kalah dua kali dalam 11 partai mereka di putaran final Piala Eropa, keduanya kalah 0-1 (melawan Spanyol pada 2012 dan Portugal pada 2016).

Ivan Perisic terlibat langsung dalam lebih banyak gol daripada pemain Kroasia lainnya dalam sejarah penampilan di turnamen besar (7 gol dan 4 asisst di putaran final Piala Dunia/Piala Eropa, tidak termasuk Nations League).

Pelatih Zlatko Dalic yang menukangi tim sejak Oktober 2017 merupakan pelatih Kroasia kedua yang mengarsiteki Kroasia dalam dua turnamen besar secara beruntun (putaran final Piala Dunia & Piala Eropa), setelah Miroslav Blazevic (Euro 1996, World Cup 1998).*

Artikel Terkait
Preview Euro 2020: Data Dan Fakta Menarik Jelang Laga Grup F Prancis vs Jerman
Preview Euro 2020: Data Dan Fakta Menarik Jelang Laga Grup F Hungaria vs Portugal
Preview Euro 2020: Data Dan Fakta Menarik Jelang Belanda vs Ukraina
Artikel Terkini
Indonesia Sambut Baik dan Dorong Kolaborasi dalam Perkuat Ketahanan Pangan melalui IDMA Exhibition dan TABADER Summit 2024
Nanik Yuliati, Pensiunan Guru Senang Bersama Mekaar Usahanya Berkembang
Soal Laka BUS PO Putera Fajar, Komisioner Kompolnal: Biar Tak Terulang Lagi, Utamakan Pencegahan dari Hulu ke Hilir
LPER Mendapat Penghargaan Terkait Ketahanan Pangan Dari Kepala KODIM Kota Bekasi
Pj Bupati Maybrat menerima kunjungan kerja dari Kepala BPJS Kesehatan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas