INDONEWS.ID

  • Senin, 21/06/2021 13:45 WIB
  • Pakar Sebut Pembentukkan Holding UMi Sejalan dengan Prinsip Paralelisme Ekonomi Berkeadilan

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Pakar Sebut Pembentukkan Holding UMi Sejalan dengan Prinsip Paralelisme Ekonomi Berkeadilan
Kantor Pusat PNM di gedung Taspen

Jakarta, INDONEWS.ID - Rencana pembentukan holding ultra mikro atau UMi yang melibatkan tiga entitas Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendapat respon positif dari Pakar Hukum Administrasi dan Keuangan Publik Universitas Indonesia (UI), Dian Simatupang.

Sebagaimana diketahui pemerintah tengah membentuk holding ultra mikro dengan mengintegrasikan tiga BUMN yang melayani sektor ultra mikro dan UMKM yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero)Tbk atau BRI, PT Pegadaian (Persero), dan PT Permodalan Nasional Madani(Persero) atau PNM.

Menurut Dian, tak ada yang salah dengan mekanisme inbreng saham dalam pembentukan holding ultra mikro. Sebab, holding berbeda dengan merger atau akuisisi yang akan"mematikan" badan usaha lain.

Dalam holding, baik BRI, PNM, dan Pegadaian masih tetap ada dan beroperasi sebagaimana biasa. Selain itu, pemerintah masih tetap menjadi pengendali melalui kepemilikan saham Dwiwarna.

“Rencana Kementerian BUMN untuk holding ultra mikro sangat baik untuk akselerasi fungsi kemanfaatan umum berkaitan akses pembiayaan usaha kecil menengah dan mikro. Konsepsinya sejalan dengan prinsip paralelisme dalam sektor ekonomi yang berkeadilan,” ujar Dian.*

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Dirikan Dapur dan Pendistribusian untuk Korban Banjir Bandang Tanah Datar
Aksi PNM Peduli Serahkan Sumur Bor Untuk Warga Indramayu Dan Tanam Mangrove Rhizophora
PTPN IV Regional 4 Jambi, Bantu Beras Warga Solok
Pastikan Arus Barang Kembali Lancar, Menko Airlangga Tinjau Langsung Pengeluaran Barang dan Minta Instansi di Pelabuhan Tanjung Priok Bekerja 24 Jam
Umumkan Rencana Kedatangan Paus Fransiskus, Menteri Agama Dukung Penuh Pengurus LP3KN
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas