INDONEWS.ID

  • Rabu, 11/08/2021 21:11 WIB
  • Andika Perkasa Hentikan Tes Keperawanan Bagi Kowad, Kopri PMII DKI Apresiasi

  • Oleh :
    • Mancik
Andika Perkasa Hentikan Tes Keperawanan Bagi Kowad, Kopri PMII DKI Apresiasi
Ketua Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Putri, Pengurus Koordinator Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, DKI Jakarta, Agustini Nurur Rohmah.(Foto:Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Ketua Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Putri Pengurus Koordinator Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (KOPRI PKC PMII) DKI Jakarta, Agustini Nurur Rohmah, memberi apresiasi dan mendukung keputusan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa yang telah menghapus tes keperawanan dalam proses pemeriksaan kesehatan seleksi Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad).

Menurut Agustini yang akrab disapa Rima mengatakan, tes keperawanan yang sebelumnya pernah diberlakukan, merupakan contoh praktik ketidakadilan gender yang berakar pada cara pandang negatif pada perempuan. Cara pandang seperti ini seringkali tidak disadari karena muncul dalam tindakan yang diyakini baik, dan ilmiah oleh masyarakat.

Baca juga : Keras! Jenderal Andika Perkasa Bakal Pecat Anggota TNI Pelaku Penyerangan Polsek Ciracas

"Tes keperawanan yang dijadikan sebagai aspek penilaian rekrutmen sangat tidak relevan dengan fungsi dan pelaksanaan tugas sebagai prajurit TNI," jelas Agustini kepada media ini, Jakarta, Rabu (11/08/2021) malam.

Lebih lanjut Rima mengatakan, tes keperawanan juga melenceng dari spirit ajaran Islam yang hadir untuk mengubah tradisi yang menistakan perempuan.

Bahwa tingkat kecerdasan perempuan, kemampuan dan kecakapan, serta kepemimpinan perempuan tentu tidak bisa dinilai dari selaput dara.

Perempuan akan tetap utuh menjadi manusia yang memiliki martabat dan hak untuk mempunyai kehidupan tanpa harus memperhitungkan ada atau tidaknya hymen (selaput dara).

"Kopri PKC PMII DKI Jakarta memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada KSAD Jenderal Andika Perkasa atas kebijakan yang sangat memperhatikan aspek keadilan gender bagi perempuan," ujar Rima.

Rima menambahkan, Kopri PKC PMII DKI Jakarta juga mendukung komitmen TNI Angkatan Darat dan Angkatan Laut untuk tidak lagi mempertimbangkan tes keperawanan sebagai salah satu aspek penilaian seleksi KOWAD.*

Artikel Terkait
Keras! Jenderal Andika Perkasa Bakal Pecat Anggota TNI Pelaku Penyerangan Polsek Ciracas
Artikel Terkini
Direktur Indo Barometer M Qodari dan Demokrat Tanggapi Gugatan Uji Materi Dr Audrey Agar Pelantikan Prabowo Dipercepat
Mungkinkan Pelantikan Presiden dan Wapres Terpilih Bisa Dipercepat? Simak Penjelasannya!
WWF ke-10 di Bali, Deklarasi Menteri Resmi Diadopsi 133 Negara dan Organisasi Internasional
Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Maybrat Lakukan Study Tour ke Minahasa Tenggara
Upacara Peringatan ke-116 Hari Kebangkitan Nasional di Kabupaten Maybrat: Menuju Indonesia Emas
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas