INDONEWS.ID

  • Jum'at, 27/08/2021 13:30 WIB
  • Serbuan Vaksin Maritim TNI AL, Kolinlamil Ship To Ship ABK Kapal Niaga

  • Oleh :
    • luska
Serbuan Vaksin Maritim TNI AL, Kolinlamil Ship To Ship ABK Kapal Niaga

Jakarta, INDONEWS.ID -- Satya Wira Jala Dharma.  Serbuan vaksinasi Covid - 19 terhadap Nakhoda dan ABK (Anak Buah Kapal) kapal niaga di Pelabuhan menjadi prioritas TNI AL.

Seperti yang dilaksanakan Tim Satgas Covid 19 Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dengan menyusuri pelabuhan Tanjung Priok untuk mencari para Anak Buah Kapal (ABK) kapal-kapal niaga yang belum terjangkau vaksin.

Baca juga : Kolinlamil dan Pemda Kota Jakut Gelar Karya Bhakti TNI, Aksi Mitigasi Bencana Rob Pesisir Jakarta

Pelabuhan merupakan daerah dengan interaksi dan mobilitas barang dan orang yang tinggi yang berasal dari berbagai wilayah di Seluruh Indonesia. Untuk itu serbuan vaksin untuk mereka pekerja pelabuhan dan ABK Kapal.
Jumat (27/8) Satgas Covid 19 Kolinlamil  menyambangi Kapal Pelni Doro Londa yang sandar. Proses vaksinasi terhadap nakhoda dan ABK yang dilakukan oleh vaksinator Dinas Kesehatan Kolinlamil ini tetap wajib mengikuti proses screening terlebih dahulu, hal ini dilakukan guna mengetahui gejala apa saja yang dialami, sebelum dilakukan penyuntikan.

Panglima Kolinlamil Laksma TNI Erwin S Aldedharma mengatakan, para pekerja disektor transportasi laut termasuk kedalam sasaran prioritas vaksinasi, karena memiliki tingkat interaksi sangat tinggi dengan masyarakat dan mobilitas keluar pelabuhan juga sangat tinggi sehingga wajib diberikan vaksin Covid – 19.

Baca juga : Antisipasi Rob di Jakarta Utara, Kolinlamil Gelar Karya Bhakti TNI

“Kolinlamil sebagai kotama TNI AL yang berada dikomunitas pelabuhan fokus untuk melakukan serbuan vaksin terhadap nakhoda dan ABK yang belum menjalani vaksinasi, semoga kiranya nakhoda dan ABK yang belum di vaksin segera dapat divaksinasi demikian juga para kelompok pekerja yang ada dipelabuhan,” ujar Panglima Kolinlamil.

Ditambahkan pula pentingnya vaksinasi dalam mendukung kegiatan pelayanan di pelabuhan dan transportasi laut, untuk memberikan perlindungan dari resiko penyebaran Covid - 19 di wilayah pelabuhan.

Baca juga : Kolinlamil TNI AL Capai 2500 Dosis Serbuan Vaksin Maritim di Dua Desa Kabupaten Subang

Sementara itu koordinator tim pelaksana vaksinasi Lettu Laut (K) Yudith menyampaikan, banyak ABK yang  belum menerima vaksinasi Covid - 19 dikarenakan mobilitas kapal yang tinggi sehingga waktu yang tidak cukup luang bagi para ABK untuk mengikuti vaksinasi.

 “Selain itu masyarakat yang berada disekitar pelabuhan Tanjung Priok, juga turut mendapatkan vaksinasi Covid-19,” ungkap dr Yudith.
Sebelum  melaksanakan vaksin, para peserta terlebih dahulu melakukan verifikasi data, melakukan pemeriksaan suhu tubuh, dan tensi darah. (Lka)

Artikel Terkait
Kolinlamil dan Pemda Kota Jakut Gelar Karya Bhakti TNI, Aksi Mitigasi Bencana Rob Pesisir Jakarta
Antisipasi Rob di Jakarta Utara, Kolinlamil Gelar Karya Bhakti TNI
Kolinlamil TNI AL Capai 2500 Dosis Serbuan Vaksin Maritim di Dua Desa Kabupaten Subang
Artikel Terkini
Tingkatkan Layanan Bidang Kesehatan, Pj Gubernur Agus Fatoni Teken MoU Jejaring Pengampuan Layanan Prioritas Rumah Sakit
Perkuat Semangat Persaudaraan Antara Siswa, SMP Notre Dame Gelar Paskah Bersama dan Peringatan Hardiknas 2024
PNM Mekaar Beri Reward Ketua Kelompok Unggulan Studi Banding Olahan Jamu Tradisional
PNM Berikan Ruang Bakat dan Silaturahmi Karyawan Lewat Event SEHATI
Waspadai Pihak-Pihak yang Benturkan Konsep Negara Pancasila dengan Agama
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas