INDONEWS.ID

  • Rabu, 29/09/2021 09:05 WIB
  • Menkes Budi Gunadi Peduli Riset

  • Oleh :
    • luska
Menkes Budi Gunadi Peduli Riset

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin punya kepedulian pada pengembangan riset. Itu bisa dilihat misalnya dari kunjungan Menkes ke  Indonesian Medical Education Research Institute (IMERI)  Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) di Salemba, Jakarta, Jum'at (17/9/2021 lalu. 

"Alhamdulillah atas permintaan Pak Menkes sendiri, Beliau pada hari Jum'at 17 September lalu berkunjung ke  Indonesian Medical Education Research Institute (IMERI). Beliau melihat prasarana dan sarana untuk proses sekuensing virus SARS-COV-2, termasuk juga bagaimana alat ini  dapat melakukan sukuens untuk melihat gen kanker payudara dan infeksi lain," kata Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, Dekan FKUI di Jakarta, Rabu (29/9/2021). 

Baca juga : Menkes Ungkap Penyebab Rendahnya Penurunan Angka Prevalensi Stunting

Dalam kunjungan itu, banyak pertanyaan yang diajukan oleh Menkes menunjukkan keingintahuan yang besar.  Prof Ari Fahrial mengajak Menkes  untuk melihat fasilitas human genetic  yang selama ini memang membantu para klinisi di seluruh Indonesia untuk melihat kelainan genetik pada seseorang yang mengalami sindrom penyakit tertentu. 

"Beliau juga kami mampirkan ke Cluster Sport and Exercise studies. Intinya kepedulian Beliau terhadap riset cukup tinggi dan yakin kalau research khususnya seputar kedokteran ini didukung penuh kedokteran kita bertambah maju. Sarana dan prasarananya sudah ada, SDM-nya handal lulusan center-center hebat dunia, tinggal beri dukungan dana risetnya saja," katanya. 

Baca juga : UU Kesehatan sebagai Strategi Transformasi Pembiayaan Bidang Kesehatan

"Beliau juga salut bahwa gedung FKUI yang heritage berumur lebih 100 tahun masih terawat dengan baik. Beliau yang tidak pernah sekolah di FKUI saja bangga dengan Gedung FKUI, apalagi kita yang pernah mengenyam pendidikan di FKUI.Terima kasih Pak Menkes," kata Prof Ari Fahrial. 

Ketua Majelis Wali Amanat Indonesia Saleh Husin menyambut baik kunjungan Menkes. "Harapan saya dengan kehadiran Pak Menkes BGS melihat secara langsung berbagai peralatan dan SDM yang mumpuni di IMERI FKUI maka dukungan pendanaan yang memadai dari Pak Menkes untuk bidang riset inilah yang sangat dibutuhkan," ujar Saleh. (Lka)

Baca juga : Indonesia Miliki Obat Baru COVID-19, Dinilai Lebih Efektif Obati Pasien
Artikel Terkait
Menkes Ungkap Penyebab Rendahnya Penurunan Angka Prevalensi Stunting
UU Kesehatan sebagai Strategi Transformasi Pembiayaan Bidang Kesehatan
Indonesia Miliki Obat Baru COVID-19, Dinilai Lebih Efektif Obati Pasien
Artikel Terkini
Upacara Peringatan ke-116 Hari Kebangkitan Nasional di Kabupaten Maybrat: Menuju Indonesia Emas
Di Acara Mengenang Tokoh Pers Nasional Prof Salim Haji Said, Pemred Asri Hadi Bertemu Bacalon Walkot Tangsel
Raih Gelar Doktor Honoris Causa Gyeongsang National University (GNU), Menko Airlangga Diakui Dedikasinya dalam Kemitraan Strategis Indonesia-Korea Selatan
ICC Terbitkan Surat Penangkapan Terkait Konflik Gaza, Hikmahanto: Tiga Alasan Masih Sulit Dilakukan
"Sekolah Damai" di SMA 3 Semarang, BNPT: Upaya Ciptakan Lingkukngan Pendidikan Aman, Damai, dan Penuh Nilai Toleransi
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas