INDONEWS.ID

  • Minggu, 21/11/2021 19:49 WIB
  • Gandeng UMKM dan Koperasi, KBRI Tehran Promosikan Kopi dan Rempah-Rempah Indonesia di Iran

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Gandeng UMKM dan Koperasi, KBRI Tehran Promosikan Kopi dan Rempah-Rempah Indonesia di Iran
KBRI Tehran menggandeng UMKM dan Koperasi pada pameran iFood Expo di Mashhad, Provinsi Khorasan Razavi pada 17 – 21 November 2021.

Jakarta, INDONEWS.ID - Dorong ekspor Indonesia ke Iran, KBRI Tehran menggandeng UMKM dan Koperasi pada pameran iFood Expo di Mashhad, Provinsi Khorasan Razavi pada 17 – 21 November 2021. Promosi secara khusus menampilkan produk kopi Robusta dan Arabika unggulan Indonesia.

Selain produk kopi, kegiatan tersebut juga mempromosikan produk rempah-rempah. Pameran diikuti oleh CV Sundanika Indonesia dan Koperasi Percepatan Ekspor Indonesia.

Baca juga : Kemenko Polhukam Kawal Pemilu Tetap Kondusif Hingga 20 Maret

Mashhad merupakan kota terbesar kedua di Iran dan memiliki peran penting dalam perekonomian Iran. Dengan letak geofrafis yang strategis, Mashhad juga merupakan hub untuk transit ekspor ke kawasan Asia Tengah. Selain Industri Pariwisata, Mashhad merupakan sentra industri Saffron dan batu akik.

Dalam rangkaian kegiatan di Mashhad, KBRI Tehran juga menyelenggarakan "Indonesia Business Forum" bekerja sama dengan Mashhad Chamber of Commerce, Industries, Mining, and Agriculture (CCIMA). Pertemuan dihadiri Presiden Mashhad CCIMA, Gholamhossein Shafeii dan kalangan pengusaha Mashhad dari berbagai sektor.

Baca juga : Wujudkan Pemilu Berkualitas, Pemerintah Kawal Rekapitulasi Suara

Dalam pertemuan itu, kedua pihak berkomitmen untuk mendorong perdagangan dan investasi dan mengidentifikasi produk potensial termasuk kopi, kakao, tekstil, batu pirouz, kertas, dan sebagainya.

Kopi merupakan produk ekspor unggulan Indonesia ke Iran. Meskipun secara tradisional masyarakat Iran mengkonsumsi teh, Budaya minum kopi mulai meningkat khususnya di kalangan generasi muda Iran. Dalam hal ini Kopi Indonesia telah dikenal dikalangan masyarakat Iran karena kualitasnya.

Baca juga : Kunjungi PNM, Wakil Presiden Iran Berikan Apresiasi Kinerja PNM Berdayakan Perempuan

Iran merupakan pasar yang memiliki sejumlah tantangan, namun demikian Iran menyimpan potensi yang besar. Pada tahun 2020 volume ekspor kopi Indonesia ke Iran mencapai 1.400-ton atau senilai US$ 2,6 juta. Angka tersebut menunjukan peningkatan 16% berdasarkan volume atau 11% berdasarkan nilai.

Selain mempromosikan produk unggulan Indonesia, rangkaian kegiatan promosi KBRI Tehran bertujuan untuk mendorong UMKM untuk menembus pasar Iran.
(KBRI Tehran)

 

Artikel Terkait
Kemenko Polhukam Kawal Pemilu Tetap Kondusif Hingga 20 Maret
Wujudkan Pemilu Berkualitas, Pemerintah Kawal Rekapitulasi Suara
Kunjungi PNM, Wakil Presiden Iran Berikan Apresiasi Kinerja PNM Berdayakan Perempuan
Artikel Terkini
Menkes Ungkap Penyebab Rendahnya Penurunan Angka Prevalensi Stunting
Bakar SDN Inpres Pogapa Intan Jaya, TPNPB-OPM: Merdeka Dulu Baru Sekolah
Senyum Bahagia Rakyat, Pj Bupati Purwakarta Buka TMMD Ke-120 Kodim 0619/Purwakarta
Pemerintahan Baru Harus Lebih Tegas Menangani Kelompok Anti Pancasila
Apresiasi Farhan Rizky Romadon, Stafsus Kemenag: Kita Harus Menolak Tindak Kekerasan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas