INDONEWS.ID

  • Kamis, 10/03/2022 15:10 WIB
  • Jelang Pengukuhan Satupena Sumatera Barat: Berkarya Mandiri, Bertindak Kolaborasi

  • Oleh :
    • luska
Jelang Pengukuhan Satupena Sumatera Barat: Berkarya Mandiri, Bertindak Kolaborasi

Jakarta, INDONEWS.ID - Hadir dengan mengusung impian besar. Meningkatkan kesejahteraan penulis, meningkatkan kapasitas, penguatan profesi, melindungi hak atas karya, serta kebebasan menulis.

“Semoga ini menjadi langkah penguatan bagi penulis di Sumatera Barat,” kata Sastri Bakry, salah seorang sastrawan asal Sumatera Barat, menyikapi rencana pengukuhan kepengurus Dewan Pimpinan Daerah Satupena Sumatera Barat, di Padang, akhir pekan depan.

Baca juga : IMLF-2 SatuPena Sumbar Gelar Seminar International di Batusangkar yang Menghadirkan Sejumlah Pembicara Luar Negeri

Katanya, sejalan dengan semakin maraknya aktivitas pengembangan literasi, khususnya baca dan tulis, bermunculan para penulis bagaikan cendawan yang tumbuh dimusim hujan. Berbagai komunitas yang menekuni aktivitas tersebut muncul terus secara berkesinambungan.

Kehadiran mereka tersebut, kata Sastri yang juga seorang birokrat, perlu benar-benar diperhatikan. Siapa yang memperhatikan?

Baca juga : Jelang IMLF-2, Puluhan Buku Karya Anggota SatuPena Sumbar dan Penulis Luar Negeri Siap Diluncurkan

“Selama ini, cenderung hanya sesama mereka di komunitas, atau antar komunitas, tapi ruang gerak mereka cenderung tak leluasa karena keterbatas mereka,” katanya.

Sastri menyebutkan, impian besar  Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena agar penulis  tak boleh terabaikan karena mereka adalah aset berharga untuk masa depan. Sasaran yang dituju Satupena,  memperjuangkan para penulis agar  bisa sejahtera dengan profesinya, tentu sangat diharapkan para anggotanya.

Baca juga : Tadarrus Puisi SATUPENA Bawa Banyak Pesan Profetik dan Futuristik

“Kini tak saatnya lagi bergerak sendiri-sendiri. Harus berkolaborasi!” kata Sastri Bakry sembari menyebutkan, kepengurusan DPP Satupena Sumatera Barat hanya berisi tujuh orang. 

Komposisi kepengurusan terdiri dari lima ketua, satu sekretaris, satu bendahara. Saat ini sudah tercatat 150 orang anggota komunitas tersebut. 
Saat pengukuhan, langsung dibentang sejumlah kegiatan. Diawali dengan pameran buku karya anggota Satupena Sumatera Barat. Hingga sehari sebelum tulisan ini diturunkan, tercatat 30 judul buku yang akan dipamerkan, ada lebih dari 50 penulis buku tersebut lantaran ada diantaranya buku antologi, lalu ada Peluncuran Web Satupena Sumatera Barat, Peluncuran Buku Karya Anggota Satupena Sumatera Barat,  Diskusi Sastra, Baca Puisi dan Pertunjukan Seni. (Lka)

Artikel Terkait
IMLF-2 SatuPena Sumbar Gelar Seminar International di Batusangkar yang Menghadirkan Sejumlah Pembicara Luar Negeri
Jelang IMLF-2, Puluhan Buku Karya Anggota SatuPena Sumbar dan Penulis Luar Negeri Siap Diluncurkan
Tadarrus Puisi SATUPENA Bawa Banyak Pesan Profetik dan Futuristik
Artikel Terkini
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Akses Jalan Darat Terbuka, Pemerintah Kerahkan Distribusi Logistik ke Desa Kadundung
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas