INDONEWS.ID

  • Minggu, 12/06/2022 19:41 WIB
  • Hijaukan Alam dari 0 KM Ciliwung, Kapolres Bogor Ajak Lestarikan Puncak

  • Oleh :
    • indonews
Hijaukan Alam dari 0 KM Ciliwung,  Kapolres Bogor Ajak Lestarikan Puncak
Polres Bogor gelar penanaman pohon. KM 0 hulu Ciliwung di Puncak, Bogor menjadi titik aksi penghijauan Minggu (12/6/2022). (Foto: Ist)

Bogor, INDONEWS. ID - Sambut HUT Bhayangkara, Polres Bogor gelar penanaman pohon. KM 0 hulu Ciliwung di Puncak, Bogor menjadi titik aksi penghijauan Minggu (12/6/2022).

Dalam aksi penanaman pohon di Telaga Warna, Desa Wisata Ciliwung ini, Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin didampingi Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan, Dandim Kabupaten Bogor, Kejari Cibinong, Kepala BPN Kabupaten Bogor serta Wakapolres Bogor dan Kabag Ops dan Kasie Humas Polres Bogor.

Baca juga : Sabu Senilai Rp1,6 Milyar Diamankan Polisi Bersama Bandarnya di Bogor

AKBP Iman Imanuddin di lokasi penanaman mengatakan, ada 2.432 berbagai jenis pohon yang ditanam secara serentak hari ini di 76 titik yang tersebar di semua Kecamatan di Kabupaten Bogor.

"Ada 2.432 pohon ditanam hari ini. Ada jenis cemara, mahoni, serta pohon buah dan pohon jenis keras. Kita harapkan ribuan batang pohon yang ditanam ini tumbuh, agar bisa menyerap air. Sedangkan 76 titik yang menjadi target penanaman ini, sesuai dengan usia Bhayangkara yang memasuki usia 76 tahun ini," kata AKBP Iman kepada wartawan dilokasi.

Baca juga : Timbun Solar dan Pertalite Subsisi, 3 Pelaku Ditangkap Polisi

Kenapa hulu Ciliwung yang menjadi target penghijauan. Atas hal ini, orang nomor satu di jajaran kepolisian Kabupaten Bogor ini menegaskan, pelestarian alam di mulai dari hulu lalu tengah dan berakhir di hilir.

"Lestarikan alam dari 0 KM hulu Ciliwung, adalah komitmen kita bersama dalam mencegah timbulnya bemcana alam seperti longsor dan banjir. Bangun resapan air di hulu biar tidak banjir ditengah maupun hilir," tegas AKBP Iman sambil menambahkan, lahan di Kabupaten Bogor masih banyak yang akan ditanam untuk di hijaukan.

Baca juga : Polres Bogor Tangkap Mafia Tanah di Cisarua, Bogor

Ditempat yang sama, Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengapresiasi langkah Polres Bogor yang menanam ribuan jenis pohon.

Menurut Iwan, Kabupaten Bogor merupakan daerah rawan bencana. Makan penanam pohon kali ini, merupakan solusi dari masalah yang kerap melanda wilayah Bogor, manakala hujan turun deras dengan intensitas tinggi.

"Kami akan meminta masyarakat untuk menanam pohon. Karena akan pohon bisa menyerap air yang jika hujan deras mengalir ke jalan. Tanam 1 rumah 1 pohon akan digelorakan.  1 hari 1 kebaikan sangat perlu dilakukan setiap warga masyatakat," ungkap Iwan.

Terkait dengan resapan air yang makin berkurang, karena menjamurnya hotel dan villa, Iwan akan meminta para pemilik hotel untuk melakukan konversi.

"Kalau pengusaha mau bangun hotel, kami akan minta akan bebaskan lahan untuk tanam pohon. Konversi bisa dilakukan, jika lahan resapan hotel yang dibangun tidak mencukupi,"katanya sambil menambahkan, penghijauan pinggir sungai akan menjadi suatu obyek wisata di hulu yang menarik. (yopi)

Artikel Terkait
Sabu Senilai Rp1,6 Milyar Diamankan Polisi Bersama Bandarnya di Bogor
Timbun Solar dan Pertalite Subsisi, 3 Pelaku Ditangkap Polisi
Polres Bogor Tangkap Mafia Tanah di Cisarua, Bogor
Artikel Terkini
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial
Strategi Sukses dalam Mengimplementasikan HRIS di Perusahaan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas