INDONEWS.ID

  • Sabtu, 02/07/2022 16:02 WIB
  • Telah Menjadi Bebek Lumpuh, Jokowi Sebaiknya Mengikuti Anjuran Bang RR

  • Oleh :
    • very
Telah Menjadi Bebek Lumpuh, Jokowi Sebaiknya Mengikuti Anjuran Bang RR
Rizal Ramli adalah mantan Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia (2000-2001) dan mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (2015-2016). (Foto: ist)

Jakarta, INDONEWS.ID – Para aktivis, peneliti sosial-politik, maupun ekonom menghimbau Presiden Jokowi agar mempertimbangkan saran dari Dr Rizal Ramli supaya dirinya mundur dari jabatan presiden. 

Saran ekonom senior itu dinilai baik, dan masuk akal karena Jokowi telah gagal dan tidak amanah dalam menjaga dan memelihara iklim demokrasi, mengatasi korupsi dan menjaga harga barang kebutuhan pokok yang terus merangkak akhir-akhir ini. Buntut dari kegagalan tersebut, masyarakat semakin hidup tidak menentu dan banyak yang jatuh miskin.

Baca juga : Didampingi AHY, Besok Jokowi Serahkan 10.323 Sertipikat Tanah Elektronik di Banyuwangi

Menurut mantan Menko Perekomian itu, kepemimpinan Jokowi telah membuatnya seperti bebek lumpuh (lame duck).

Pengamat politik yang juga mantan aktivis HMI-ITB, Muslim Arbi dan peneliti CSRC UIN Syarif  Hidayatulah Muhamad Nabil MA mengatakan, Presiden Jokowi telah gagal dalam banyak hal.

Baca juga : Ceritakan Kreativitas Nasabah PNM Mekaar, Jokowi Puji Kerupuk "Mama Muda"

Jokowi dinilain gagal memelihara dan menjaga demokrasi dan reformasi,  gagal mengatasi korupsi, gagal mengatasi kenaikan harga-harga kebutuhan pokok dan gagal mensejahterakan rakyat.

``Saran RR itu bijak, logis dan masuk akal demi kebaikan bangsa dan negara,`` kata Nabil dan Muslim itu seperti dikutip Konfrontasi.com.

Baca juga : Presiden Jokowi Bertemu Ribuan Nasabah Mekaar di Makassar

``Berbagai kalangan dari ulama, mahasiswa, intelektual, purnawirawan TNI sampai kalangan aktivis sudah menyarankan agar Jokowi mundur demi kebaikan bangsa dan negara, karena Jokowi gagal total,`` tambah kedua analis tersebut.

Sebelumnya, mantan Menko Kemaritiman itu mengatakan bahwa Jokowi telah membuat demokrasi di Indonesia mengalami kemunduran. Hal itu dapat dilihat dari maraknya praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN)), serta munculnya pemerintah yang dinilai otoriter.

"Jokowi bukan mengembangkan demokrasi, malah demokrasi jalan mundur. Kita dulu dari muda kan pro demokrasi, dia bikin demokrasi mundur. Kembali lagi KKN, kembali lagi semangat otoriter," ujar Bang RR – sapaan Rizal Ramli.

RR mengingatkan bahwa Abad ke-21 ini abad Asia. Namun dia menilai kepemimpinan Jokowi telah gagal sehingga NKRI hanya menjadi negara lemah dan gagal serta akan tertinggal dan tercecer di Asia.

Pertanyaan kuncinya, menurut RR, apakah akan terjadi kebangkitan Asia yang demokratis atau otoriter atau keduanya dalam koeksistensi damai? ``Apa pun yang terjadi, saya berharap bahwa abad ke-21 akan menjadi Asia yang damai dan sejahtera, dan itu tidak mungkin dicapai Indonesia kalau Jokowi yang memimpin kita,`` kata mantan Kepala Bulog itu.

Dia menilai Jokowi telah menjadi bebek lumpuh dan karena itu sebaiknya mundur dari kursi kepresidenan. ***

 

Artikel Terkait
Didampingi AHY, Besok Jokowi Serahkan 10.323 Sertipikat Tanah Elektronik di Banyuwangi
Ceritakan Kreativitas Nasabah PNM Mekaar, Jokowi Puji Kerupuk "Mama Muda"
Presiden Jokowi Bertemu Ribuan Nasabah Mekaar di Makassar
Artikel Terkini
Marwan Cik Asan Ingatkan Pemerintah Waspadai Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi 2024
Peluncuran Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Maybrat 2024 Diselenggarakan di Lapangan Ela Kodim
Visiting Professor Pandemi: Dunia Harus Siap
Kemendagri Sosialisasikan UU Nomor 3 Tahun 2024 tentang Desa
Mendagri Tegaskan Musrenbangnas sebagai Wadah Sinkronisasi Perencanaan Pembangunan Pemerintah Pusat dan Daerah
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas