INDONEWS.ID

  • Jum'at, 26/08/2022 10:48 WIB
  • Bukan LPSK Pelindung Putri, Tapi Polri

  • Oleh :
    • luska
Bukan LPSK Pelindung Putri, Tapi Polri

PenulisBunga Kejora (mantan jurnalis)

Baru siang ini, menurut Humas Polri, Putri Chandrawati-- nyonya tersangka Ferdy Sambo akan diperiksa penyidik. 

Diperiksa dalam arti pemeriksaan yang diketahui publik. Sebelumnya,  pernah dinyatakan oleh Kabareskrim bahwa Putri Candrawati telah 3 kali diperiksa polisi. Ketiganya secara diam2, sehingga tidak dikejar wartawan dan tidak ketahuan fakta peristiwa Duren Tiga sebenarnya.

Saya menduga sejak awal polisi tahu bahwa Putri Chandrawati tokoh penting  dalam drama Duren Tiga.

Tapi dia adalah perempuan. Dia adalah anggota ibu Bhayangkari. Dia adalah ibu 4 anak. Mungkin sekali solidaritas ibu-ibu telah meluluhkan hati penyidik. Ibu-ibu yang tau perilaku suami yang berkuasa dan berduit. Bahwa mungkin Putri hanya korban dari kelaziman2 pria yang suka mencari "mainan baru" alias perempuan muda ketika di puncak karier. Yang kemudian membuat istri terpuruk mencari pengakuan lain. 

Meminta perlindungan LPSK adalah upaya menyimpan seorang perempuan agar tidak dipermalukan di muka publik.

Jangankan menjelaskan latar belakang peristiwa, kemunculan Putri dengan wajah tertutup sebagian oleh masker, sudah dikomentari tanpa ampun. Pengacara korban Joshua membully fisiknya. Sempat  mencetus kata jelek, tidak cantik.

Tapi dari kalimat yg diucapkan Putri di pelataran Mako Brimob, kita bisa membaca sesuatu. " Saya dengan tulus tetap mencintai suami saya," katanya. Itulah kemungkinan besar latar belakang pembunuhan Duren Tiga.
Bahwa hubungan fisik di luar perkawinan, tidak menghilangkan cinta Putri terhadap pasangannya. Meski ia tidak setia, begitu pun pasangannya. 
Begitu pun Putri hanya bilang, " malu mbak, malu" ketika LPSK berusaha menggali keterangan darinya.

Tapi di sisi sebaliknya ada perempuan lain, ibu korban. Tentu pukulan amat berat membayangkan seorang ibu yg kehilangan idola keluarga, harus pula dibebani cerita "perilaku tercela" putranya. 

Jadi, pernyataan polisi bahwa harus menjaga perasaan semua pihak tampaknya dimaksudkan untuk itu. 

Memang ayahanda korban Joshua sudah berkali2 minta nama anaknya dipulihkan. Sementara pembela korban terus melontarkan motif2 dramatis, cerita2 seram di luar kasus perselingkuhan yang tampaknya untuk mempengaruhi opini publik teralih dari motif sederhana yang sebetulnya ada sejak abad 19, atau di  kasus fenomenal OJ Simpson. Secara publik di televisi, jurnalis Kompas Rosianna Silalahi juga menitip pesan pada pengacara Putri agar jangan sampai Putri menjadi tersangka karena dia adalah perempuan.

Pendeknya, polisi terus berhadapan dengan keruwetan opini publik.

Tapi Kapolri orang yang tenang.Di acara dengar pendapat di DPR Rabu lalu,  ia masih melindungi perempuan dengan menutup  cerita aib istri perwira bekas bawahannya ketika didesak motif pembunuhan. Hanya menyebut  adanya tindakan yg menyangkut kesusilaan. Padahal berkas penyidikan tersangka Putri sudah dikirim ke kejaksaan. Jadi pasti polisi sudah mendapat cerita Putri secara tuntas.Amat disayangkan bila polisi telah mengedit episode 2 interaksi Putri dan Joshua di Duren 3 pada 8 Juli itu, sebelum peristiwa pembunuhan terjadi. 

 

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Tanggapi Tuduhan Ade Pencuri, Lawyer Gaul: gak Cocok sama Faktanya
Terus Bermanuver Menuju Pilkada NTT, Cagub Ardy Mbalembout dan Irjen Jonny Asadoma Gelar Pertemuan Tertutup di Jakarta
Tamini Square Gelar Festival Soto dan Masakan Nusantara
Dituduh Curi Iphone, Ade Laporkan AA ke Polres Jaksel
PNM Terus Bekali Nasabah dengan Teknologi Digital
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas