INDONEWS.ID

  • Senin, 05/09/2022 17:59 WIB
  • Dua Aktivis LGBT di Iran di Dihukum Mati

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Dua Aktivis LGBT di Iran di Dihukum Mati

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemerintah Iran menjatuhkan hukuman mati kepada dua aktivist yang mempromosikan homoseksual yakni Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender, Queer (LGBTQ). Informasi ini disampaikan oleh organisasi hak asasi manusia, Hengaw pada Minggu (4/9).

"Zahra Sediqi Hamedani, yang diketahui dengan sebutan `Sareh,` 31, dari Naqadeh, dan Elham Chubdar, 24, dari Urmia, keduanya merupakan aktivis dari komunitas LGBT, dijatuhi hukuman mati dari Pengadilan Revolusi Urmia dalam kasus gabungan dengan tuduhan `Korupsi Bumi` lewat promosi homoseksual," demikian laporan dari Hengaw, dikutip dari The Jerusalem Post.

"Hukuman tersebut telah diumumkan kepada mereka dalam beberapa hari terakhir di penjara perempuan di Pusat Tahanan Urmia," lanjut laporan tersebut.

Urmia merupakan kota di Provinsi Azerbaijan Barat, Iran. Selain itu. Hengaw mengatakan bahwa Zahra Sediqi Hamadani tak diberikan hak untuk mengakses pengacara kala ditahan.

Tak hanya itu, Hamadani juga dilaporkan sempat mendapatkan ancaman dari petugas keamanan. Ia pernah diancam dieksekusi dan dirampas hak asuh atas kedua anaknya.

Hamadani juga sempat mendapatkan kekerasan verbal dan ejekan atas identitas dan `tampangnya`.

Selain itu, Hengaw melaporkan kedua perempuan itu mempromosikan agama Kristen dan "berkomunikasi dengan media yang menentang Republik Islam."*

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Lonjakan Suara PSI Tak Masuk Akal, Koalisi Masyarakat Sipil: Masifkan Tenanan Publik untuk Hentikan Despotisme dan Dinasti Politik
BNPP Tingkatkan Koordinasi dan Fasilitasi Pengelolaan Pulau-Pulau Kecil Terluar di Kepulauan Riau
Realese Single Album Kelima, Ry Hyori ingin `Bintang` Jadi Inspirasi banyak Orang
Menteri ATR/Kepala BPN: Selamat Ulang Tahun ke-62 Kopaska
Direktur Pol PP dan Linmas Kemendagri Hadiri Upacara Gelar Pasukan Memperingati HUT ke-74
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas