INDONEWS.ID

  • Senin, 24/10/2022 18:05 WIB
  • TNI Akan Jadi Tuan Rumah Temu Bisnis Untuk Pacu Realisasi Belanja PDN

  • Oleh :
    • luska
TNI Akan Jadi Tuan Rumah Temu Bisnis Untuk Pacu Realisasi Belanja PDN

Jakarta, INDONEWS.ID - Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah atau LKPP melakukan rapat koordinasi bersama TNI dan Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves), Senin (24/10) di Kantor LKPP di Jakarta.  Pertemuan ini merupakan tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo agar belanja APBN/APBD dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk meningkatkan keterlibatan UMKM dan Koperasi. 

Kepala LKPP Hendrar Prihadi mengatakan, Presiden berulangkali menyampaikan agar pemerintah perlu melakukan percepatan realisasi belanja PDN dan koperasi. Untuk itu, pemerintah menggelar Temu Bisnis secara berkala dengan menggandeng 10 Kementerian/Lembaga dengan anggaran terbesar.  Rencananya pemerintah akan kembali menggelar Temu Bisnis Tahap V di Januari 2023 dengan TNI sebagai tuan rumah. 

Baca juga : Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

"Keberhasilan penanganan pandemi Covid-19 bisa sangat cepat karena ada keterlibatan TNI di dalamnya. Untuk itu, kami juga mengharapkan bantuan TNI untuk menyelenggarakan kegaitan Temu Bisnis V yang rencananya akan digelar Januari 2023. Percepatan realiasasi pengadaan PDN melalui UMKM dan Koperasi dipercaya dapat menghindarkan kita dari krisis/resesi yang sedang melanda dunia. " Kata Hendi. 

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyambut baik rencana tersebut. Ia menyampaikan bahwa agar dapat terselenggara dengan baik, maka perlu persiapan yang matang, diantaranya melakukan rapat koordinasi dengan LKPP dan Kemenkomarves yang dilaksanakan hari ini.

Baca juga : Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel

"Saya ingin dapat guidance, dengan seawal mungkin agar pelaksanaan kegiatan Temu Bisnis nantinya juga dapat berjalan dengan lebih baik. Kami mohon arahan, referensi seperti yang diselenggarakan Polri kemarin. " kata Jenderal Andika. 

Deputi Bidang Hukum dan Penanganan Permasalahan Hukum LKPP Setya Budi Arijanta menyampaikan untuk memberikan nilai manfaat yang lebih baik, diusulkan dalam pertemuan tersebut TNI melakukan komitmen konsolidasi pengadaan untuk Tahun Anggaran 2023. 

Baca juga : Kenal Pamit` Kadispenau, Sederhana namun Meriah

"Jika ada salah satu atau beberapa kebutuhan di TNI yang bisa dikonsolidasikan, nanti akan kami dampingi,misal seperti makan minum, seragam atau barang lainnya.  Harapannya bisa seperti konsolidasi laptop kemarin yang menghemat anggaran hingga Rp1.8 triliun. " ujar Setya. 
Rapat Koordinasi Persiapan Temu Bisnis Tahap VI ini diikuti oleh seluruh pejabat eselon I LKPP, Pejabat Pengelola Pengadaan TNI serta pejabat Kemenkomarves.
 

Artikel Terkait
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel
Kenal Pamit` Kadispenau, Sederhana namun Meriah
Artikel Terkini
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial
Strategi Sukses dalam Mengimplementasikan HRIS di Perusahaan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas