INDONEWS.ID

  • Rabu, 29/03/2023 17:49 WIB
  • Selesaikan Kasus Tanah Pangkalan Jati, DPD Akan Bersurat kepada KSAL

  • Oleh :
    • very
Selesaikan Kasus Tanah Pangkalan Jati, DPD Akan Bersurat kepada KSAL
Ketua Perkumpulan Warga Kavling Pangkalan Jati (PWKPJ) Mayjen (Purn) Sudarsono Kasdi usai Raker dengan DPD dan Kementerian ATR/BPN dan Kemenhan, di DPD, Rabu (29/3). (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID – Ketua Perkumpulan Warga Kavling Pangkalan Jati (PWKPJ) di Kecamatan Cinere, Depok dan Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, Mayjen (Purn) Sudarsono Kasdi mengatakan bahwa hasil Rapat Kerja (Raker) bersama antara Badan Akuntabilitas Publik DPD RI dengan Kementerian Pertahanan dan Kementerian ATR/BPN hari ini cukup menggembirakan.

Kasdi mengatakan, DPD berjanji akan mengirim surat kepada KSAL agar menerima PWKPJ untuk menyelesaikan masalah yang berlarut-larut tersebut.

Baca juga : PT Sri Pamela Group Berkolaborasi dengan UPT II WASNAKER SUMUT dalam Menyemarakkan May Day Sumatera Utara Tahun 2024

"Nanti DPD akan bersurat dan menyampaikan hasil pertemuan saat ini kepada KSAL. Dan meminta mereka untuk menerima kami untuk beraudiensi serta menyelasikan masalah tanah Pangkalan Jati ini," kata Sudarsono yang turut hadir dalam Raker di Gedung B DPD RI, Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (29/3/2023).

Raker tersebut digelar sebagai tindak lanjut pengaduan PWKPJ terkait tanah Kavling TNI AL Hak Pakai menurut SKEP KASAL Nomor Skep/1879/IX/1976 1 September 1976 tentang Hak Pakai pedoman untuk membangun bangunan dengan biaya sendiri.

Baca juga : PT Perkebunan Nusantara I Regional 4 Raih Penghargaan Indonesia CSR Brand Equity Awards dari The Iconomics

Akan tetapi PWKPJ mengaku kaget dengan diterbitkannya peraturan KASAL Nomor 11 tanggal 19 Mei tahun 2021 yang diantaranya memuat dicabutnya Skep/1879/IX/1976 1 September 1976 tersebut.

Sudarsono berharap, usai pertemuan tersebut pihaknya bersama KSAL bisa langsung duduk bersama dan menyelesaikan masalah yang dinilainya berlarut-larut ini. "Harapan kami tentunya masalah alih kepemilikan ini bisa selesai," ucapnya.

Baca juga : Indonesia Sambut Baik dan Dorong Kolaborasi dalam Perkuat Ketahanan Pangan melalui IDMA Exhibition dan TABADER Summit 2024

Lebih lanjut, Kasdi mengatakan masalah ini sebetulnya sudah diketahui oleh Presiden dan diminta menyelesaikan sesuai dengan ketentuan yang ada. "Presiden sudah paham dengan kasus ini. Dan arahan beliau adalah untuk penyelesaian masalah ini," tutupnya.

Wibawanto Nugroho Widodo yang juga bagian dari PWKPJ mengatakan, DPD meminta dan mendukung Kementerian Pertahanan untuk menjaga semua Barang Milik Negara (BMN) tak terkecuali lahan di Pangkalan Jati.

Sementara Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Letnan Jenderal TNI (Purn.) Muhammad Herindra kata Wibawanto membuka peluang tanah tersebut menjadi milik PWKPJ. Akan tetapi harus melalui prosedur hukum yang berlaku.

"Dari DPD, BMN perlu dijaga. Jadi mendukung Kementerian Pertahanan untuk menjaga BMN. Sementara dari Wamenham mengatakan kalau pun harus ditransfer, harus ditransfer dengan proses yang benar sesuai hukum dan UU yang berlaku," bebernya.

"Dan proses legalitas yang tepat dengan keinginan politik yang kuat. Jadi kalau disintesis, kata-kata menjaga itu termasuk mencontohnya adalah mentransfer dengan hati-hati dan benar. Asalkan ada kemauan politik. Dan ini maunya di eksekutif," tukasnya. ***

Artikel Terkait
PT Sri Pamela Group Berkolaborasi dengan UPT II WASNAKER SUMUT dalam Menyemarakkan May Day Sumatera Utara Tahun 2024
PT Perkebunan Nusantara I Regional 4 Raih Penghargaan Indonesia CSR Brand Equity Awards dari The Iconomics
Indonesia Sambut Baik dan Dorong Kolaborasi dalam Perkuat Ketahanan Pangan melalui IDMA Exhibition dan TABADER Summit 2024
Artikel Terkini
Pj Bupati Maybrat Pantau Ujian Sekolah Dasar di SD YPK Emaus Susumuk dan SD Inpres 13 Kumurkek
PT Sri Pamela Group Berkolaborasi dengan UPT II WASNAKER SUMUT dalam Menyemarakkan May Day Sumatera Utara Tahun 2024
PT Perkebunan Nusantara I Regional 4 Raih Penghargaan Indonesia CSR Brand Equity Awards dari The Iconomics
Empat Jenazah korban banjir Bandang Batang Anai Dishalatkan
Indonesia Sambut Baik dan Dorong Kolaborasi dalam Perkuat Ketahanan Pangan melalui IDMA Exhibition dan TABADER Summit 2024
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas