INDONEWS.ID

  • Jum'at, 05/05/2023 18:08 WIB
  • Aneka Hidangan Laut Jadi Suguhan Utama Tamu KTT ASEAN

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Aneka Hidangan Laut Jadi Suguhan Utama Tamu KTT ASEAN

Jakarta, INDONEWS.ID - Aneka hidangan laut akan menjadi suguhan bagi para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 10-11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Kepala Biro Kerjasama Teknik Luar Negeri Kemensetneg, Noviyanti mengatakan bahwa hidangan laut mendominasi sajian makanan bagi para delegasi karena merepresentasikan destinasi Labuan Bajo yang terkenal dengan keunikan pantai dan pulau-pulau kecilnya.

Baca juga : Direktur GKI Beri Materi Kewirausahaan untuk Pelajar SMKS Bina Mandiri Labuan Bajo

“Hidangan laut akan dihidangkan oleh Chef Arnold Purnomo bersama timnya. Kalau untuk hiburan pertunjukan bagi para delegasi, masih kami rahasiakan karena akan menjadi surprise factor,” ujarnya dalam diskusi tentang kesiapan penyelenggaraan KTT ASEAN yang digelar Forum Merdeka Barat 9, Jumat (5/5/2023).

Dia melanjutkan, panitia nasional juga menggelar program khusus yakni SME`s Hub dengan dukungan dari BUMN serta pemerintah daerah, yang melibatkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk menjajakan produknya. Tersedia 50 stan pameran di berbagai titik kegiatan rangkaian KTT dengan perincian, 10 stan menjajakan makanan dan sisanya menawarkan aneka produk kerajinan tangan khas daerah.

Baca juga : Urgensi Isu Gender di Kota Wisata Super Prioritas Labuan Bajo

“Kalau souvenir khusus untuk delegasi, isinya kita campur ada syal tenun dan batik. Pokoknya yang menggambarkan Indonesia secara keseluruhan. Kami berharap semua elemen bisa menyukseskan kegiatan ini,” tambahnya.

Noviyanti menambahkan, agar jalannya KTT ASEAN dapat terpublikasi dengan baik, pihaknya sudah menyiapkan media center yang berkapasitas 300-an orang yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti studio mini, koneksi internet dan sokongan listrik.

Baca juga : Ramaikan HUT Mabar ke-21, Wings Food Labuan Bajo Bagikan Minuman Gratis dan So Yummie bagi Peserta

“Kami juga siapkan logistik makanan yang bisa dinikmati kapan saja serta gratis. Harapan kami berita-berita yang muncul dari Labuan Bajo bisa mendukung wilayah itu sebagai destinasi wisata andalan Indonesia,” tutupnya.

Prioritaskan Delegasi dan Jurnalis Asing

Dalam forum yang sama, Setya Utama, Sekretaris Kemensetneg mengatakan bahwa persiapan penyelenggaraan KTT ASEAN sudah mencapai 90 persen. Sisanya 10 persen tuturnya, akan dirampungkan menjelang pelaksanaan, misalkan mempercantik tempat penyelenggaraan dengan aneka bunga.

“Memang kita sudah berpengalaman menyelenggarakan KTT terakhir G20 tahun lalu. Tapi tiap KTT memiliki tantangan yang berbeda-beda dan kali ini kita sangat memperhatikan setiap detilnya melalui berbagai gladi sehingga hasilnya bisa sesuai harapan,” ungkapnya.

Panitia nasional, tuturnya, sudah menyiapkan program tentatif KTT ASEAN sejak 6 Mei 2023 di mana para delegasi Community Permanent Representative ASEAN sudah mulai berdatangan dan sehari sesudahnya beberapa pertemuan mulai digelar di kawasan Tana Mori, 30 menit perjalanan dari Labuan Bajo.

Di tempat yang sama, pada 8 Mei 2023, akan digelar pertemuan ASEAN Senior Officials Meeting (SOM) dan sehari selepas itu, para pimpinan negara anggota ASEAN mulai berdatangan. Total ada 13 pemimpin yang akan hadir.  Pada tanggal 9 Mei akan digelar juga pertemuan para menteri luar negeri negara anggota ASEAN. Lalu sehari sesudahnya, pada 10 Mei, KTT akan digelar.

“Kita sudah siapkan opening plenary, dan berbagai pertemuan level task force. Lalu setelah meeting selesai, para pemimpin akan berlayar ke Pulau Bidadari kemudian mereka akan menikmati hidangan makan malam di Ayana. Tanggal 11 Mei juga akan ada beberapa pertemuan yang kita fasilitas,” jelasnya.

Dia melanjutkan, salah satu tantangan KTT ASEAN kali ini adalah jumlah hotel bintang 4 dan 5 yang terbatas di Labuan Bajo. Karena itu diperlukan strategi khusus agar bisa memberikan layanan terbaik bagi para tamu undangan yakni delegasi dan jurnalis asing, sesuai wejangan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas April silam.

Pihaknya mengalihkan lokasi penginapan panitia dari semula di hotel berbintang ke “hotel terapung” yaitu di atas KM Sinabung milik PT Pelni (Persero) yang memiliki aneka fasilitas seperti 500 kamar kabin serta koneksi internet dan restoran.

“Berdasarkan data, jumlah delegasi adalah 821 orang dan media ada 366 orang. Kita berikan layanan terbaik dan harus sukses serta akuntabilitas. KTT ASEAN ini harus hasilkan sesuatu untuk Indonesia dan tamu undangan juga puas. Mudah-mudahan cuaca mendukung dan kerja sama kita kian kompak dari hari ke hari,” ucapnya.

Artikel Terkait
Direktur GKI Beri Materi Kewirausahaan untuk Pelajar SMKS Bina Mandiri Labuan Bajo
Urgensi Isu Gender di Kota Wisata Super Prioritas Labuan Bajo
Ramaikan HUT Mabar ke-21, Wings Food Labuan Bajo Bagikan Minuman Gratis dan So Yummie bagi Peserta
Artikel Terkini
Engelbertus Turot Asisten II Setda Kabupaten Maybrat Bantu Percepat Proses Akreditasi Puskesmas di Maybrat
Kabupaten Maybrat Rayakan HUT Ikatan Bidan Indonesia ke 73
Tingkatkan Layanan Bidang Kesehatan, Pj Gubernur Agus Fatoni Teken MoU Jejaring Pengampuan Layanan Prioritas Rumah Sakit
Perkuat Semangat Persaudaraan Antara Siswa, SMP Notre Dame Gelar Paskah Bersama dan Peringatan Hardiknas 2024
PNM Mekaar Beri Reward Ketua Kelompok Unggulan Studi Banding Olahan Jamu Tradisional
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas