INDONEWS.ID

  • Rabu, 10/05/2023 14:03 WIB
  • Hari Ini Presiden RI Pimpin Lima Pertemuan Hari Pertama KTT ke-42 ASEAN 2023

  • Oleh :
    • very
Hari Ini Presiden RI Pimpin Lima Pertemuan Hari Pertama KTT ke-42 ASEAN 2023
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi saat Press Briefing menejelang KTT ASEAN ke-42 pada Selasa (9/5/2023). (Foto: Humas Kemenlu)

Manggarai Barat, INDONEWS.ID - Pada hari pertama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023, Rabu (10/5/2023), Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin lima rangkaian pertemuan. Pertemuan tersebut akan berlangsung di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). 

“KTT dimulai hari ini dengan lima pertemuan yang akan dipimpin oleh Bapak Presiden,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah, Rabu (10/5/2023) di Labuan Bajo.

Baca juga : Ceritakan Kreativitas Nasabah PNM Mekaar, Jokowi Puji Kerupuk "Mama Muda"

Pertemuan yang dipimpin oleh Presiden Jokowi di antaranya adalah Pembukaan dan Sesi Pleno KTT ke-42 ASEAN, dan Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA).

Selain itu, Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan Pemuda ASEAN, Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC), dan Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan High-Level Task Force on ASEAN Community’s Post-2025 Vision (HLTF-ACV). 

Baca juga : Presiden Jokowi Bertemu Ribuan Nasabah Mekaar di Makassar

Lima rangkaian pertemuan KTT ASEAN itu, akan ditutup secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada waktu malam hari, bertepatan dengan kegiatan Welcoming Dinner di Ayana Komodo Waecicu Beach. 

“Keseluruhan acara KTT besok (Rabu 10 Mei,red) akan ditutup insyaAllah dengan acara makan malam,” tutur Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi saat Press Briefing pada Selasa (9/5/2023). 

Baca juga : Presiden Jokowi Dorong Penguatan Integrasi Ekonomi, Percepatan Transisi Energi dan Transformasi Digital dalam KTT Khusus ASEAN-Australia

Kemudian, esoknya pada Kamis (11/5/2023), Presiden Jokowi akan memimpin Sesi Retreat dan KTT Indonesia-Malaysia- Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

Sementara pertemuan Brunei-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) dipimpin Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim karena keketuaan BIMP-EAGA saat ni dipegang oleh Malaysia. 

“Pada 11 Mei, akan ada tiga pertemuan, dari tiga pertemuan tersebut, dua pertemuan akan dipimpin oleh Bapak Presiden,” kata Menlu.  (Kemenlu/InfoPublik)

Artikel Terkait
Ceritakan Kreativitas Nasabah PNM Mekaar, Jokowi Puji Kerupuk "Mama Muda"
Presiden Jokowi Bertemu Ribuan Nasabah Mekaar di Makassar
Presiden Jokowi Dorong Penguatan Integrasi Ekonomi, Percepatan Transisi Energi dan Transformasi Digital dalam KTT Khusus ASEAN-Australia
Artikel Terkini
Direktur GKI Beri Materi Kewirausahaan untuk Pelajar SMKS Bina Mandiri Labuan Bajo
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut
Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD
Kemendagri Dukung Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional Melalui Optimalisasi Kebijakan Fiskal Nasional
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas