INDONEWS.ID

  • Kamis, 15/06/2023 14:42 WIB
  • `Plant Our Planet`, Korindo Kerja Sama Pemkab Bogor Ubah Lahan Bekas TPS Jadi Hutan Kota

  • Oleh :
    • rio apricianditho
`Plant Our Planet`, Korindo Kerja Sama Pemkab Bogor Ubah Lahan Bekas TPS Jadi Hutan Kota

Jakarta, INDONEWS.ID - Unicef melakukan anti perubahan iklim lewat kampanye global 'Plant Our Planet' ditandai dengan penanaman pohon di Mongolia April lalu. Gaung itu disambut Kedutaan Korea Selatan bersama Korindo kerja sama dengan Kabupaten Bogor, merestirasi lahan eks pembuangan sampai di Pondok Rajeg, Cibinong menjadi hutan kota seluas 9 hektar.

Lahan tersebut milik Pemda Kabupaten Bogor yang sulit dijadikan lahan pertanian akibat lahan tersebut bekas pembuangan sampah. Berdasarkan penelitian sebelumnya lahan tersebut sudah bercampur dengan limbah pembuangan terutama plastik. Menurut penelitian itu lahan seluas 9 hektar hanya bisa ditanami pohon Albasia atau Sengon, pohon jenis lain tak mampu bertahan di lahan tersebut.

Baca juga : Tingkatkan Daya Saing Daerah, Kepala BSKDN Ingatkan Pemkab Cianjur Pentingnya Berinovasi

Duta Besar Korsel Lee Sang Deok mengatakan, pemilihan lahan di area eks TPS ditentukan oleh Korindo atas permintaan Bupati Kapbupaten Bogor, yang ingin merestorasi lahan eks pembuangan sampai menjadi hutan kota. 

Lee mencontohkan apa yang saat ini dilakukan Korindo persis sama seperti yang pernah dilakukan pemerintah derah di Korea Selatan. Lokasi itu ada di Seol, di kawasan Nanji Do sebelumnya juga bekas TPS, kini berubah menjadi lahan hijau dan menjadi lahan hunian yang cukup mahal di Korsel.

Baca juga : Satu Orang Tertimbun Longsor di Kabupaten Bogor

Ia pun mengharapkan Pondok Rajeg bakal seperti Nanji Do menjadi kawasan hijau dan kawasan hunian yang ekseklusif. Ia juga berharap, upaya penghijauan yang dilakukan Korindo ini akan terus berlanjut di Indonesia sebagai peringatan 50 tahun hubungan antara Korea Selatan dan Indonesia.

Sementara Plt Bupati Kabupaten Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan, penanaman pohon di Pondok Rajeg merupakan kerja sama kedua antara Pemkab Bogor dengan Korindo, sebelumnya mereka juga melakukan penanaman pohon di area stadion Pakansari seluas 2,5 hektar.

Baca juga : Petik Ganjarist dan GM Smart Gelar Bakti Sosial di Parung Bogor, Jawa Barat

"Ini yang kedua, memanfaatkan eks TPS Pondok Rajeg yang diusulkan Pemkab Bogor ke Korindo. Setelah dikaji Alhamdullilah bisa ditanami pohon Sengon. Semoga Korindo terus bersinergi dengan Kabupaten Bogor membuat hutan kota di kawasan lain", tandasnya.

Alasan pemilihan Pondok Rajeg, menurutnya, lahan milik Pemkab ini sulit untuk dijadikan untuk lahan pertanian dan diperuntukan untuk perumahan pun tak mungkin karena ini lahan pemerintah 

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya ingin membuat paru-paru di Kabupaten Bogor yang memanfaatkan lahan non produktif. Semoga nantinya bila hutan kota sudah terbentuk, Pondok Rajeg bakal mempunyai area wisata yang memanfaatkan lahan hijau tersebut.

"Nantinya area wisata bisa dikreasi oleh Camat atau Lurah setempat karena ini lahan milik Pemkab. Mungkin nanti ada lapangan bermain, kuliner atau lainnya tergantung inovasi pemangku setempat", ujarnya menutup keterangannya.

Pemerintah bruoaya merestirasi tmpt sampah menjadi hutan. Bagian dr upaya itu kita akan bersama menanam pohon. Smoga upaya sperti ini akan terus berlanjut di indonesia sebagai peringatan 50 tahun hubungan korea ind. Lee sang dok


Korindo. Kampanye global plant our planet yg digagas unq

Artikel Terkait
Tingkatkan Daya Saing Daerah, Kepala BSKDN Ingatkan Pemkab Cianjur Pentingnya Berinovasi
Satu Orang Tertimbun Longsor di Kabupaten Bogor
Petik Ganjarist dan GM Smart Gelar Bakti Sosial di Parung Bogor, Jawa Barat
Artikel Terkini
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Akses Jalan Darat Terbuka, Pemerintah Kerahkan Distribusi Logistik ke Desa Kadundung
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas